BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Blog Langsung |  Zelensky: Setidaknya 400 kejahatan perang Rusia dilakukan di Kherson

Blog Langsung | Zelensky: Setidaknya 400 kejahatan perang Rusia dilakukan di Kherson

Internasional14 Nov ’22 pukul 05:49Penulis buku: Editor Web PNR

Ini adalah hari ke-264 perang di Ukraina. Ikuti berita terbaru tentang perang di Ukraina dan akibatnya di blog langsung ini.

(ANP / Associated Press)

Ukraina: Semua infrastruktur utama Kherson hancur

05:30 | Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan pasukan Rusia telah menghancurkan infrastruktur utama di kota Kherson di selatan Ukraina sebelum mundur. Pasukan Rusia telah “menghancurkan semua infrastruktur penting: komunikasi, air, panas, listrik,” katanya dalam pidato nasional baru-baru ini.

Walikota Kherson mengatakan situasi kemanusiaan “ekstrim” dengan kekurangan air, obat-obatan dan roti. Zelensky mengatakan pihak berwenang telah memindahkan hampir 2.000 ranjau darat, kabel trip, dan bom yang tidak meledak yang ditinggalkan oleh pasukan Rusia.

Kepala administrasi negara bagian Kherson mengatakan semua upaya sedang dilakukan untuk memulihkan “kehidupan normal” di daerah itu. Yaroslav Yanushevich berbicara dari kota Kherson dalam sebuah video yang diposting di media sosial.

Yellen: Solusi terbaik untuk ekonomi global adalah mengakhiri perang di Ukraina

03:00 | Cara terbaik untuk mengakhiri krisis ekonomi global adalah dengan mengakhiri perang di Ukraina, kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen menjelang KTT G20 di Indonesia.

“Mengakhiri perang di Rusia adalah keharusan moral dan hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk ekonomi dunia,” kata Yellen di sela-sela pertemuan dengan timpalannya dari Prancis Bruno Le Maire di pulau resor Bali di Nusa Dua. G20 berlangsung minggu ini.

Harga bahan bakar dan makanan yang tinggi adalah salah satu topik utama yang dibahas di KTT dan beberapa negara G20 kebal terhadap kesulitan ekonomi. Yellen berharap dapat meningkatkan tekanan diplomatik pada Rusia untuk mencapai pembicaraan damai.

READ  Apa itu kuning dan mengapa itu bagus?

Negara tuan rumah Indonesia telah menyerukan pembicaraan dan resolusi damai untuk konflik tersebut, tetapi sesama anggota G20 China, Afrika Selatan dan India sebagian besar menghindari kritik langsung terhadap Rusia.

Kepala pemerintahan G20 diperkirakan akan membahas perpanjangan perjanjian biji-bijian antara Rusia dan Ukraina, yang memungkinkan ekspor biji-bijian dan pupuk Ukraina diangkut dengan aman melalui Laut Hitam. Ukraina adalah salah satu produsen kedua produk terbesar di dunia. Presiden Rusia Vladimir Putin mencoba untuk menggagalkan kesepakatan itu, tetapi mundur setelah reaksi keras dari negara-negara berkembang.

Zelensky: Setidaknya 400 kejahatan perang Rusia dilakukan di Kherson

00:15 | Menurut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, penyelidik Ukraina telah menemukan bukti lebih dari 400 kejahatan perang Rusia yang dilakukan di wilayah Kherson. Mayat tentara dan warga sipil telah ditemukan di berbagai lokasi di daerah itu, kata Zelensky dalam pesan video malamnya.

Pasukan Rusia sebagian besar telah mundur dalam beberapa pekan terakhir dari wilayah Kherson, yang sebenarnya telah mereka duduki sejak invasi dimulai pada Februari. Menurut Zelensky, unit Ukraina di 226 komunitas dengan lebih dari 100.000 penduduk telah mendapatkan kembali kendali. Penangkapan tentara Rusia dan tentara bayaran dikatakan berjalan lancar. Zelensky juga mengatakan bahwa pertempuran di provinsi Donetsk masih “sehebat dalam beberapa hari terakhir”.