BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Boeing 737 MAX 9 Indonesia diizinkan terbang lagi

Boeing 737 MAX 9 Indonesia diizinkan terbang lagi

Penelitian menunjukkan MAX 9 milik Lion Air memiliki konfigurasi yang berbeda dengan pesawat Alaska Airlines, menurut pernyataan Kementerian Perhubungan di Jakarta.

Sementara Lion Air MAX 9 memiliki “Pintu Keluar Darurat Kabin Tengah Tipe II”, Alaska Airlines memiliki “Steker Pintu Keluar Tengah”. Dengan kata lain: tidak ada penutup pintu, tetapi pintu darurat berfungsi. Jadi pihak berwenang Indonesia telah menerbitkan kembali MAX 9 dan Lion Air kini memiliki tiga pesawat yang kembali beroperasi aktif.

Tidak jelas mengapa Indonesia membutuhkan waktu lama untuk memutuskan hal ini. Misalnya, Corendon Dutch Airlines segera menyadari bahwa MAX 9 mereka tidak memiliki sisipan pintu, sehingga mereka dapat terus terbang bersamanya.

Maksimal 8
Indonesia mungkin ekstra hati-hati dalam hal ini karena pada akhir tahun 2018 sebuah Lion Air Boeing 737 Max 8 jatuh tak lama setelah lepas landas, menewaskan seluruh 189 orang di dalamnya. Lebih dari empat bulan kemudian, Ethiopian Airlines MAX 8 jatuh dalam kondisi serupa dan MAX dilarang terbang selama lebih dari satu setengah tahun.

Lion Air MAX 9:

READ  Tetra Tech memenangkan perjanjian USIIT untuk layanan energi untuk Indonesia; Dikutip oleh Don Patrock