BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Brussels mengharapkan pertumbuhan ekonomi yang signifikan: ‘Bayangan Covid-19 menghilang’

Penonton teras di Neude di Utrecht.gambar ANP

“Covid-19 telah memudar,” kata Komisaris Ekonomi Gentiloni, mengomentari perkiraan tersebut. “Setelah awal yang lemah pada awal tahun ini, kami mengharapkan pertumbuhan yang kuat pada 2021 dan 2022.” Tahun ini, pertumbuhan di 19 negara euro digabungkan akan menjadi 4,3 persen, setengah persen lebih tinggi dari yang diharapkan pada Februari. Tahun depan, KPPU mengharapkan pertumbuhan sebesar 4,4 persen. Pemulihan ekonomi terjadi setelah kontraksi 6,6 persen yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2020.

Untuk Belanda, Komisi memperkirakan pertumbuhan tahun ini sebesar 2,3 persen dan tahun depan sebesar 3,6 persen. Ini lebih rendah dari rata-rata di zona euro, tetapi kontraksi di Belanda tahun lalu (3,7 persen) juga jauh lebih rendah daripada di sebagian besar negara euro lainnya.

Petani terkuat tahun ini, menurut komisi, adalah Spanyol (5,9 persen) dan Prancis (5,7 persen), negara-negara yang paling menderita pukulan ekonomi pada tahun 2020.

Kampanye vaksinasi

Ekonomi tumbuh lagi tahun ini karena kampanye vaksinasi mendapatkan momentum di negara-negara Uni Eropa. Pemerintah melonggarkan pembatasan, memungkinkan bisnis untuk kembali berjalan lancar. Hal ini terutama penting bagi sektor pariwisata, industri seni dan makanan, dan profesi di sektor jasa.

Menurut komisi tersebut, pemulihan ekonomi didorong oleh belanja konsumen oleh warga negara, peningkatan ekspor, dan peningkatan investasi publik dan swasta. Berkenaan dengan Belanda, Komite mencatat bahwa penurunan ekspor ke Inggris karena Brexit diimbangi dengan lebih banyak perdagangan dengan Amerika Serikat.

Komisi mengatakan belanja publik tahun depan akan berada pada level tertinggi dalam sepuluh tahun. Pemerintah telah meninggalkan kendali keuangan, sebagian karena penangguhan sementara aturan keuangan Eropa pada tahun 2020 dan 2021. Uni Eropa juga telah membentuk dana pemulihan sebesar 750 miliar euro, dan efek dari investasi ini telah dimasukkan dalam perkiraan ekonomi .

keraguan

Komite memperingatkan bahwa perkiraannya disertai dengan keraguan. Misalnya, varian virus corona baru dapat menyebabkan infeksi gelombang keempat dengan keterbatasan pertumbuhan baru. Pertumbuhan yang lebih rendah juga mungkin terjadi jika produksi vaksin mengecewakan. Komisi juga memperingatkan agar tidak menghentikan langkah-langkah bantuan nasional secara bertahap.

Belanja pemerintah yang lebih tinggi dan pertumbuhan yang lebih rendah pada tahun sebelumnya menyebabkan defisit anggaran yang lebih tinggi. Untuk zona euro, defisit rata-rata tahun ini adalah 8 persen, jauh di atas batas 3 persen yang diperbolehkan. Defisit akan turun menjadi 3,8 persen tahun depan. Belanda jauh lebih rendah dari ini pada 5 persen (2021) dan 1,8 persen (2022).

Komisi memperkirakan rata-rata utang pemerintah di zona euro pada 102,4% (2021) dan 100,8% (2022). Di sini juga, Belanda melakukan secara signifikan lebih baik pada 58% tahun ini dan 56,8% tahun depan. Yunani memiliki utang pemerintah tertinggi (208,8 persen), diikuti oleh Italia (159,8 persen).

gambar kosong
READ  Apakah kita sedang menuju krisis pangan global?