BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Buat monster yang berbalik melawannya’

‘Buat monster yang berbalik melawannya’

“Trump tidak ingin membicarakannya, dia ingin memberi partai sebuah fait accompli: Anda bersama saya atau melawan saya.”foto Reuters

Trump berjanji untuk membuat “pengumuman penting” hari ini. Apakah Anda pikir dia akan secara resmi mencalonkan diri sebagai presiden pada 2024?

Ada peluang bagus. Dia telah mengisyaratkan pencalonannya selama berbulan-bulan. Sabtu lalu, di Pennsylvania, dia mengatakan dalam sebuah surat bahwa dia akan melakukannya. Saya pikir rencana Trump selalu menunggu pemilihan paruh waktu dan kemudian mengumumkan keputusan pencalonannya.

Tetapi hasil pemilihan paruh waktu menyebabkan banyak ketegangan bagi Partai Republik. Banyak kandidat yang didukung Trump tidak berhasil. Mereka umumnya adalah kandidat radikal dengan banyak ketenaran, tetapi sedikit pengalaman politik. Bisa dibilang hasil menunjukkan banyak pemilih yang sudah muak dengan cara berpolitik seperti ini.

Bagaimana itu berubah begitu cepat? Belum lama ini, banyak yang yakin bahwa hanya Trump yang menjadi Partai Republik.

Saya pikir Partai Republik berpikir, ‘Kami membutuhkan Trump untuk memenangkan pemilihan. Sekarang ternyata mereka bisa kalah dalam pemilihan karena dia. Kandidatnya telah bertindak terlalu jauh dalam gagasannya.

Trump telah menciptakan monster yang berbalik melawannya. Setelah kekalahan dalam pemilu 2020, dia bisa berpikir: Mengapa kita kalah, dan apa yang bisa kita lakukan lebih baik? Tetapi dengan mempublikasikan pemilu itu dan membuat jaringan kebohongan semakin besar, kita mungkin telah mencapai titik di mana orang berpikir: Demokrasi kita dalam bahaya.

Bukankah bijaksana untuk menunda mengumumkan pencalonannya, katakanlah, sampai setelah putaran kedua pemilihan di Georgia bulan depan?

“Dia akan terlihat lemah jika dia membiarkan dirinya terpengaruh oleh hasil pemilu, setelah dengan jelas menyinggung pencalonannya. Dia tidak ingin membicarakannya, dia ingin memberikan partai dengan fait accompli: Anda bersama saya atau menentang. saya. Selain itu, dia juga ingin menunjukkan nama-nama lain yang disebutkan oleh Partai Republik yang belum mereka singkirkan.

Kemudian satu hal lagi, tentang menyelidiki peran Trump dalam penyerbuan Capitol. Mengapa dia tidak bersaksi hari ini seperti yang seharusnya?

Trump telah dipanggil untuk bersaksi beberapa kali sebelumnya, dan komisi telah memaksanya untuk bersaksi. Dia seharusnya diinterogasi pada hari Senin, tetapi dia menuntut untuk keluar dari situ, atau setidaknya mengulur waktu. Ini berkaitan dengan hasil pemilihan paruh waktu. Partai Republik telah mengumumkan: Jika kami memiliki mayoritas di DPR, kami akan mengakhiri penyelidikan Trump. Ada kemungkinan besar bahwa mayoritas akan datang. Panitia memiliki waktu hingga akhir tahun untuk menyelesaikan penyelidikannya. Semakin lama Trump mengulur waktu, semakin besar kemungkinan dia lolos begitu saja. Secara politis, kemudian, karena penyelidikan ini terpisah dari penyelidikan kriminal dengan dia.

Di awal posisi Anda sebagai reporter, setahun yang lalu, tampaknya Amerika Serikat telah memasuki spiral ekstremisme. Mengingat hasil pemilu paruh waktu, apakah perkembangan ini terhenti?

“Kami akan menunggu dan melihat kesimpulan apa yang dimiliki Partai Republik tentang hasil itu. Penting juga untuk dicatat bahwa Partai Republik kemungkinan akan mendapatkan mayoritas di DPR, jadi mereka tidak kalah keras.”

Tetapi pada akhirnya, banyak orang Amerika memilih dengan gagasan bahwa demokrasi mereka dalam bahaya. Saya harus mengatakan: Saya tidak mengerti itu dari percakapan yang saya lakukan di negara ini selama beberapa minggu terakhir. Banyak orang mulai membicarakan inflasi. Mereka mungkin tidak melihat Partai Republik saja sebagai pihak yang menyelesaikan masalah ini.

Era Biden tidak mudah. Satu dari tiga orang Amerika masih percaya bahwa dia bukan presiden Amerika Serikat yang terpilih secara sah. Trump tersentak, dipaksa untuk melepaskan negaranya dari pandemi, dan perang pecah di Ukraina, menaikkan inflasi. Pada saat yang sama, dia mencatat, pengalaman Biden selama beberapa dekade di Washington juga membawa stabilitas, dan bahwa orang Amerika sedang mencarinya. Dalam hal ini, hasil pemilu paruh waktu meyakinkan banyak orang. Orang Amerika berkata: Kami sama sekali tidak radikal seperti yang diharapkan oleh para Trumpist.

READ  Badai Ida semakin kuat, dan mungkin lebih ganas daripada Badai Katrina | Luar negeri