BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Budidaya jaringan pisang berkembang di Filipina

Didirikan pada tahun 2020, House of Musa adalah laboratorium kultur jaringan independen di Filipina. Spesialisasinya adalah menanam berbagai jenis pisang dan dijalankan oleh Love Vine C. Lavador. Dari saat saya fokus pada kultur jaringan pisang, saya penasaran bagaimana meningkatkan proses ini. Dia melakukan kultur jaringan pertama di sebuah perusahaan pisang terkemuka di wilayah Davao dan kemudian di labnya sendiri, di mana dia menemukan manfaat dari penggunaan lampu penumbuh meristem pisang.

Penggunaan lampu fluorescent tersebar luas sampai saat ini, tetapi menimbulkan beberapa masalah, seperti penumpukan panas dan perawatan yang sering. Hal ini dapat mempengaruhi berfungsinya laboratorium kultur jaringan. Love Fine, yang memiliki pengalaman dua puluh tahun di bidang hortikultura di Belgia dan Filipina, tahu bahwa tanaman dalam berbagai tahap pertumbuhan memiliki kebutuhan yang berbeda. Sangat penting bagi laboratorium kultur jaringan untuk selalu memiliki tanaman pisang berkualitas tinggi yang tumbuh dengan baik. Efisiensi produksi harus tinggi dan kebutuhan pasar harus dipenuhi.

House of Musa percaya bahwa tanaman yang baik dimulai dengan sumber yang baik. Terima kasih kami yang tulus kepada PTP dan HortiPower. Depan: Mark John dan Love Fine (pemilik); Tengah: Pearl Joy Bilza, Dear Kutab; Sekali lagi: Jan Santarin (Promotor)

Sejak 2019, Love Vine telah bereksperimen dengan pencahayaan LED, termasuk dari HortiPower, yang dipasok melalui PTP dari Singapura. “Saya melakukan banyak eksperimen baik pada lampu LED biasa maupun lampu LED untuk hortikultura. Kemudian saya juga berkonsultasi dengan HortiPower, yang melakukan berbagai eksperimen dengan saya untuk memperbanyak dan me-rooting tanaman pisang. Hasilnya luar biasa. Tingkat penggandaan meningkat dengan faktor 3 dan tingkat rooting dengan faktor 4. Ini adalah angka yang signifikan, Saluran struktural memiliki kualitas yang lebih tinggi, yang meningkatkan pergantian dan keuntungan kultur jaringan.”

READ  Serikat pekerja Indonesia mengungkapkan keprihatinan tentang pekerja industri kelapa sawit

jauh
Satu masalah dengan pencahayaan LED putih adalah jaringan tanaman menjadi tipis dan fleksibel, mengakibatkan pertumbuhan lebih lambat dan kemungkinan bertahan hidup lebih rendah. Ini karena LED biasa dirancang untuk mata manusia, yang terutama sensitif terhadap lampu hijau. Namun, tanaman hanya membutuhkan warna tertentu seperti biru, merah dan merah untuk tumbuh dan tumbuh dengan baik. “Spesies yang berbeda dari biru dan merah tua merangsang pertumbuhan. Warna merah jauh merangsang bentuk dan morfologi tanaman,” kata Meng Meng, ahli botani di HortiPower. Pencahayaan yang optimal tergantung pada tujuan petani dan lingkungan tumbuh. “Tergantung pada hasil yang diinginkan, kami sangat merekomendasikan cahaya, spektrum, dan rasio untuk varietas tertentu dan tahap pertumbuhan,” tambahnya.


Kiri: kultur jaringan di bawah penerangan LED normal; Kanan: Kultur jaringan tahap 3 di bawah pengawasan HortiPower Nurser 3


Kiri: kultur jaringan di bawah penerangan LED normal; Kanan: Tahap rooting kultur jaringan di bawah HortiPower Nurser 3


Kiri: tahap rooting kultur jaringan di bawah pencahayaan LED biasa (varietas Cavendish); Kanan: Kultur jaringan di bawah pengawasan HortiPower Nurser 3

House of Musa berfokus pada semua jenis kultur jaringan pisang, dari pisang Cavendish hingga varietas lokal seperti Lacatan dan Cardava. “Kami memasok ribuan tanaman untuk petani pisang dan perusahaan besar. Kami menggabungkan teknologi dan ilmu tanaman untuk menghasilkan tanaman kultur jaringan berkualitas tinggi yang konsisten. Dan sementara kami dapat memperluas ruang lab kami, kami terutama berfokus pada kultur jaringan berkualitas tinggi. dan membuat reproduksi dan rooting lebih efisien. Kemungkinan akan berkembang menjadi tanaman yang sehat dan kokoh yang tumbuh dengan baik di pertanian,” kata Fine.


Kiri: kultur jaringan di bawah penerangan LED normal dari tahap 0 hingga tahap rooting; Kanan: Kultur jaringan di bawah lampu LED HortiPower dari tahap 0 hingga tahap rooting (Kit Cardava)

respon tanaman
Pencahayaan di laboratorium kultur jaringan harus melakukan lebih dari sekadar menerangi ruangan atau memberikan pencahayaan terarah untuk tanaman. Rencana pencahayaan dan visualisasi membantu untuk memahami dan membandingkan berbagai opsi. House of Musa bermitra dengan HortiPower di awal proses untuk fasilitas baru mereka di Davao. “Berdasarkan dimensi lab, kami membantu mereka mengoptimalkan ruang rak dan mengusulkan desain pencahayaan untuk meningkatkan intensitas cahaya, keseragaman, dan desain hemat energi,” kata Gill, yang memimpin proyek di HortiPower. “Untuk kultur jaringan, produk yang paling umum digunakan adalah Nurser 1 dan Nurser 3. Untuk sebagian besar laboratorium, Nurser 3 telah disarankan karena kemudahan pemasangan dan pencahayaan yang umumnya sangat baik untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Tanaman baru Spesies yang berbeda mungkin memerlukan berbagai jenis cahaya, jadi dari Baik untuk menyesuaikan kerapatan dan spektrum dan untuk melihat respons tanaman. Karena Pembibit 1 sangat cocok untuk tujuan penelitian ini, Rumah Musa telah menciptakan ruangan khusus untuk tujuan ini.”

READ  Petani pisang di bawah pengaruh jamur: apakah pisang dalam bahaya kematian?


Kiri ke Kanan Belakang: Banly dari HortiPower, CY Fun dari PTP, Suelyn dari PTP; Kiri ke kanan di latar depan: Love Vine dari House of Musa, Jille dari HortiPower, Meng Meng dari HortiPower

“Hingga saat ini, laboratorium kultur jaringan ingin mengurangi biaya perawatan dan energi, sehingga mereka memilih pencahayaan LED yang dapat memodernisasi laboratorium yang ada,” kata CY Fun, Direktur PTP Singapura. “Kami telah bekerja dengan laboratorium canggih di Filipina, Vietnam, dan Indonesia, dan kami telah membantu mereka memahami bahwa cahaya yang tepat akan meningkatkan hasil secara dramatis, menyederhanakan perencanaan produksi, dan memastikan efisiensi energi.” Kami telah mendorong tim R&D kami untuk memperluas jajaran HortiPower Nurser dengan berbagai ukuran, spesifikasi, kontrol, dan aksesori. Kami sekarang dapat membantu laboratorium dengan solusi pencahayaan untuk pabrik yang tak terhitung jumlahnya, memperluas peluang pasar untuk distributor serangga. “


Keanekaragaman Cardava Di Bawah HortiPower Illumination


Fleksibilitas Cavendish di bawah pencahayaan HortiPower


Pembibit 3 HortiPower Lighting Varietas Cardava


Tim pemuliaan, yang dapat membandingkan pertumbuhan tanaman di bawah spektrum cahaya yang berbeda, menyimpulkan bahwa tanaman tumbuh lebih baik di bawah pencahayaan HortiPower daripada tanaman di bawah pencahayaan LED biasa.

untuk informasi lebih lanjut:
rumah Musa
[email protected]
Telepon: +63917176 3177 (Filipina)

Hortibor
[email protected]
www.hortipower.com