BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

CPB: Pemulihan ekonomi Belanda sedikit lebih lambat, tetapi pengangguran tidak terlalu buruk

Krisis aura yang sedang berlangsung sedikit lebih dalam dari yang diperkirakan sebelumnya. Ekonomi Belanda tumbuh 2,2 persen tahun ini, menurut perkiraan baru oleh Biro Perencanaan Pusat (CPB). Pada tahun 2022, pertumbuhan akan semakin meningkat dan angkanya mencapai 3,5%.




Jadi, dalam jangka pendek, kalkulator sedikit lebih pesimis dibandingkan bulan Desember. Saat ini, pertumbuhan 2,8 persen diperhitungkan, setelah kontraksi yang sangat tajam lebih dari 4 persen pada tahun 2020.

Pada saat yang sama, tingkat pengangguran tampaknya lebih baik dari yang diharapkan: SNB sebelumnya mengasumsikan bahwa 565.000 orang akan menganggur pada tahun 2021. Sekarang Biro Perencanaan memperhitungkan 415.000 pengangguran pada tahun 2021 dan 445.000 pada tahun 2022. Faktanya adalah bahwa Pengangguran telah hampir tidak meningkat sejauh ini terutama karena langkah-langkah dukungan besar-besaran yang diambil oleh pemerintah, menurut People’s Bank of China.

Menghentikan kebijakan subsidi secara bertahap

Meskipun perjalanan epidemi tidak menentu, dan sebagian besar ekonomi tetap terkunci, banyak hal sudah berjalan dengan baik di sektor lain. Menurut Direktur CPB Peter Haskamp, ​​ekonomi Belanda menunjukkan ketahanan: “Meskipun penguncian telah menghantam sektor tertentu dengan keras, perekonomian secara keseluruhan berjalan relatif baik. Pemulihan ada di depan mata, tetapi bahkan jika virusnya menyebar terkendali, konsekuensi ekonomi dari krisis masih akan berdampak. “.

Begitu Belanda bisa “terbuka” lagi, kebijakan subsidi harus “segera dibatalkan” menurut Hasekamp dan memungkinkan adanya kebijakan yang ditujukan untuk pemulihan. Kami berharap bahwa beberapa perusahaan pada akhirnya tidak akan berhasil dan pengangguran akan meningkat sementara. Dalam arti tertentu, ini tidak bisa dihindari: ekonomi juga harus bisa beradaptasi lagi. ”


kutipan

Pemulihan dalam waktu dekat, tetapi bahkan jika virus dapat dikendalikan, konsekuensi ekonomi dari krisis akan terus berdampak.

Peter Haskamp, ​​CPB

Namun, Bank Sentral Eropa mengusulkan untuk memberi perusahaan yang melewati gudang pelindung mereka lebih banyak waktu untuk dapat membayar pajak tangguhan mereka. Dan karena karyawan yang lebih muda khususnya telah kehilangan pekerjaan mereka, pemerintah mungkin memberi mereka lebih banyak tunjangan pengangguran.

Daya beli berada di bawah tekanan

Fakta bahwa pengangguran hampir tidak meningkat merupakan dorongan bagi pemerintahan berikutnya. Ini tidak bisa dikatakan tentang angka daya beli. Dengan gaji di bawah tekanan, Bank Sentral Eropa mengharapkan kenaikan kecil 0,7 persen untuk tahun ini, sebagian karena pemotongan pajak yang akan berlanjut tahun ini. Namun pada tahun 2022 rata-rata orang Belanda akan kehilangan sesuatu tanpa gangguan: -0,1%.

Namun, pihak yang akan segera terbentuk akan bisa bernafas lega. Tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan sebesar 3,5% pada tahun 2022 sangat tinggi dan berarti bahwa persentase defisit anggaran akan jauh lebih rendah dari yang diharapkan. Ini karena defisit dibandingkan dengan ukuran total perekonomian, PDB. Jika ekonomi tumbuh pesat, defisit anggaran akan menjadi kurang efektif dalam persentase.

Untuk tahun ini, Bank Sentral Eropa masih mengalami defisit besar sebesar 5,9%. Namun, ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa miliaran dolar saat ini dikucurkan ke dalam perekonomian melalui bantuan. Di tahun mendatang, dukungan ini tidak akan diperlukan, seperti yang diyakini oleh Bank Sentral Eropa, dan ekonomi pulih dengan tajam. Ini meningkatkan pendapatan pajak. Ini mengurangi defisit menjadi 1,7 persen. Ini bagus dalam kisaran 3 persen yang disepakati dalam konteks Eropa.

Lebih banyak kelonggaran finansial di pemerintahan berikutnya

Sementara itu, utang nasional dalam euro masih meningkat, tetapi sebagai persentase dari PDB, Bank Sentral Rakyat memperkirakan akan turun lagi pada 2022, menjadi 56,9 persen. Ini juga dalam batas utang Eropa sebesar 60 persen.

Namun, berita terpenting bagi partai konstituen terutama adalah penyesuaian terhadap outlook jangka menengah, yang juga disampaikan oleh Bank Sentral Eropa pagi ini. Angka pertumbuhan direvisi ke atas, dari rata-rata 1,5 menjadi 2 persen per tahun, dan defisit anggaran juga menurun.

Ini berarti bahwa pemerintah berikutnya akan mendapatkan 1,5 hingga 2 miliar euro lebih banyak ruang fiskal per tahun daripada yang diperkirakan sebelumnya. Meskipun CPB menunjukkan bahwa perkiraannya tidak pasti dan tidak bijaksana untuk segera menghabiskan ruang itu. Misalnya, jika suku bunga naik tajam, seperti yang sekarang terjadi di Amerika Serikat, utang nasional dalam bahaya menjadi tidak berkelanjutan.

Tonton semua video terpenting kami tentang topik ekonomi di playlist ini.

READ  Menawarkan Dealer Memberikan Insentif Baru kepada Regulator