BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perekonomian menyusut 3,8 persen tahun lalu, kontraksi terbesar yang pernah tercatat Economie

Perekonomian Belanda menyusut 3,8 persen pada Corona 2020. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), ini adalah kontraksi terkuat yang pernah diukur. Misalnya, penurunan krisis 2009 masih 3,7 persen.




Hebatnya, masih ada optimisme tentang perekonomian. “Deflasi kurang dari yang kami duga,” kata Marek Bloom, kepala ekonom di ING. Dampak Corona terhadap perekonomian jelas kurang dari yang kita duga. Terutama jika menyangkut pengangguran. ”

Namun, penurunan tersebut signifikan secara historis. “Terutama untuk sektor seperti industri perhotelan atau industri pakaian jadi. Mereka terpukul keras,” aku Blume.

Ketahanan ekonomi Belanda sangat bagus. Pada kuartal keempat, ekonomi berkontraksi hanya 0,1 persen, sementara ada tindakan penguncian yang lebih ketat. “Kami melihat peningkatan besar dalam belanja online pada bulan terakhir tahun ini,” kata Blom. Jadi konsumen terus mengeluarkan uang, tidak hanya di toko tapi juga online.

Membuat

Industri ini juga bekerja lebih baik dan lebih baik. Beberapa perusahaan bertindak sebagai pemasok untuk industri Jerman. Jerman telah memanfaatkan sepenuhnya pemulihan China. Orang Cina membeli mobil dan mesin Jerman seperti biasa. Jadi, industri Belanda sekali lagi dapat memasok lebih banyak lagi ke industri Jerman.


Perusahaan dan karyawan juga dengan cepat beradaptasi dengan perubahan keadaan. Restoran telah beralih ke makanan cepat saji dan pengantaran ke rumah, dan siapa pun bisa bekerja dari rumah. Akibatnya, gejolak ekonomi jauh lebih sedikit daripada yang dikhawatirkan.

READ  Stasiun Kontrol Tenaga Panas Bumi • Pompa NL

Bloom optimis dengan pemulihan, tetapi tidak pasti seberapa cepat Belanda akan meninggalkan krisis. “Sangat positif bahwa perusahaan berinvestasi lebih banyak lagi. Mereka optimis dan mengharapkan hal-hal membaik tahun ini. Itulah sebabnya mereka berinvestasi untuk siap menghadapi peningkatan permintaan.”

Optimisme tumbuh dengan cepat ketika diketahui tersedia vaksin yang efektif untuk melawan korona. Tetapi pemulihan hanya akan dimulai ketika populasi divaksinasi. “Dalam hal ini, ini akan berjalan di atas tali selama berbulan-bulan,” Blume meramalkan. “Seberapa cepat kami divaksinasi dan masih harus menghadapi wabah baru. Tingkat vaksinasi bisa tertunda berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Itulah mengapa tidak mungkin untuk memprediksi kapan kami pasti akan pulih.”

Dengarkan juga podcast kami Politiek Dichtbij:


“Penyusutan lebih terbatas daripada di tempat lain”

Fakta bahwa penurunan ekonomi di Corona 2020 lebih besar daripada selama krisis kredit pada tahun 2009 “ membutuhkan waktu yang sulit, ” Menteri Urusan Ekonomi Bas Van Woot menanggapi angka CBS.

“Untung saja kemerosotan ekonomi di Belanda lebih terbatas dibanding di negara lain,” kata Menkeu. “Ini sebagian karena dukungan ekstensif dan paket pemulihan yang kami tawarkan.”

Meninggalkan aturan Corona ketika dibenarkan lagi, menurut Van Tee Woot, akan menjadi yang terbaik bagi perekonomian, yang pulih setelah penurunan pada kuarter ketiga. “Mari kita hadapi itu, kita tidak sabar menunggu Perusahaan Belanda kembali bekerja,” kata menteri. Kemudian ekonomi bisa pulih dan tumbuh.

READ  Boeing 737 MAX diizinkan memasuki kembali wilayah udara Eropa

Tonton video kami tentang ekonomi di bawah ini.