BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

CPU Intel Raptor Lake dengan 24 core, 32 thread muncul di database benchmark

Banyak beban kerja terdiri dari dua jenis:

  • Tidak dapat diskalakan di seluruh inti, hampir semuanya dalam satu utas
  • Skalabilitas yang baik di seluruh inti, hampir semua hal di banyak utas

Jumlah beban kerja di antara mereka, yang misalnya menampung 4 atau 8 inti tetapi tidak lebih, terlalu kecil.

Untuk beban kerja yang skalabelnya buruk, Anda menginginkan beberapa inti yang sangat cepat. Jumlahnya terutama bergantung pada berapa banyak beban kerja non-scalable yang ingin Anda jalankan pada satu waktu. Untuk sebuah game mungkin ada 3 sampai 6, seringkali tidak.

Maka Anda memiliki beban kerja yang sangat skalabel. Anda tentu saja dapat membuatnya lebih cepat dengan menjejalkan sebanyak mungkin inti yang besar dan cepat ke dalam sebuah chip. Tapi ini bukan cara yang paling efisien, karena core besar memakan ruang ekstra yang tidak proporsional untuk mengekstrak bit terakhir kinerja. Dan ruang itu langka pada sebuah chip, setiap 2mm harganya lebih mahal.

Ketika kita pergi ke Standar SPEC2017 Melihat Danau Alder, kita melihat bahwa inti P memiliki skor 8,14 untuk operasi integer dan 14,16 untuk floating point. E-core memiliki skor 5,25 untuk integer (65% kinerja) dan 7,66 untuk floating point (54%). Kira-kira setengah dan dua pertiga dari kinerja, tentu saja tergantung pada jumlah pekerjaan.

Namun, ruang yang ditempati oleh inti elektronik adalah banyak terkecil. Saya tidak dapat menemukan ukuran yang tepat saat ini, tetapi katakanlah 4 inti elektron berada di permukaan yang sama dengan 1 inti-P. Bersama-sama, 4 inti ini memiliki (dengan penskalaan sempurna) 2,6x integer atau 2,2x kinerja floating point pada permukaan yang sama dengan 1 P-core!

Jadi di masa depan saya melihat banyak chip dengan 4 hingga 8 inti kinerja untuk kinerja utas tunggal, dan puluhan inti efisiensi untuk kinerja multi-utas. Dan Intel tampaknya tidak hanya menyadari hal ini, tetapi AMD juga dikatakan sedang mengatasi masalah tersebut Zen4 Dance inti;

READ  Sony membuat Red Dead Redemption 2 dan God of War tersedia di PlayStation Now - Gaming - Berita