BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dari Nol hingga Sekarang: Pemain kembali ke Roermond

Dari Nol hingga Sekarang: Pemain kembali ke Roermond

Kapan tepatnya hari ksatria dengan semua orang tua datang ke Roermond dari seluruh Belanda dengan baret dan dekorasi? Setahun sekali, kan? Sekarang, apakah ini Sabtu depan? Tapi bukankah ada yang seperti ini Juni lalu?

Industri katering Roermond harus melakukan bisnis yang baik akhir pekan ini jika cuaca mendukung. Kemudian, setelah vakum selama dua tahun akibat Corona, Peringatan Nasional Hindia Belanda akan kembali diadakan di sekitar National Indies Memorial di Benteng Hattem. Prajurit yang gugur di bekas Hindia Belanda dan Nugini Belanda antara 1945-1962 diperingati dengan hormat. Monumen ini menarik ribuan pengunjung setiap tahun.

Dari Obelisk ke Taman Memorial Nasional

Pada tahun 1984, warga Roermond, Hans Kremers, menemukan bahwa tidak ada tugu peringatan nasional untuk militer Belanda yang menjadi korban perang di Hindia Belanda/Indonesia pada tahun 1945 dan seterusnya. Melalui Overquartier Foundation, ia memastikan monumen itu dibangun di Roermond. Itu diterbitkan oleh Pangeran Bernhard pada tahun 1988. Monumen ini dirancang oleh Vignanth Thonisen dan Dik van Wijk. Ini fitur obelisk hiasan dengan merpati bermahkota (simbol New Guinea) dan air mancur dengan dua kerbau perunggu.

Perluasan tugu dengan 6229 nama dan 6229 nama sejak 1990. © Kotamadya Roermond

Pada tanggal 25 Agustus 1990, peringatan kedua didirikan: Peringatan Korban Warga Negara India. Itu juga dirancang oleh van Wijk dan Thonisen. Ini adalah prasasti segitiga yang menggambarkan Jawa dan Belanda. Diproses di batu bumi dari Jawa. Dua minggu kemudian, pada Hari Peringatan Nasional Hindia Belanda yang ketiga, Menteri Pertahanan Ter Beek meluncurkan perpanjangan dari tugu peringatan pertama: serangkaian tiang dengan plakat perunggu bertuliskan nama-nama 6.229 tentara yang tewas. Barisan tiang juga termasuk carillon. Menteri menerima galeri atas nama pemerintah Belanda untuk menebus kurangnya pengakuan korban India, veteran dan kerabat mereka.

READ  Rabat kembali bersama Pusetti Kawasaki ke WSBK di Portugal

Pada tahun 1995 kompleks ini diperluas lebih lanjut dengan penambahan Paviliun Jenderal SH Spur. Selama bulan-bulan musim panas, pengunjung dapat mengunjungi pameran di sini atau melihat informasi tentang 6.229 tentara yang terbunuh. Patung Jenderal Spoor yang merupakan panglima pasukan Belanda di Hindia Belanda/Indonesia dari tahun 1946-1949 juga diungkap. Kemudian masih, pada tahun 2003, sebuah peringatan untuk tentara Belanda yang tewas selama operasi perdamaian menyusul. Pada tahun 2010, kotamadya Roermond memutuskan untuk mengganti nama Stadtspark Hattum menjadi Taman Memorial Nasional Roermond.

Hari Veteran Limburg

National Indies Memorial bukan satu-satunya pertemuan para veteran di taman ini. Sejak 2005, Hari Veteran Limburg telah diadakan di sana. Warga Roermond, Edwin Jacobs, yang berpartisipasi dalam misi perdamaian sebagai tentara, memperhatikan bahwa tentara Limburg yang sudah lanjut usia mengalami kesulitan untuk menghadiri Hari Veteran Nasional di Den Haag. Itu sebabnya Romund menyelenggarakan Hari Provinsi. Sejak 2009 selalu diadakan pada hari Sabtu sebelum Hari Nasional di bulan Juni. Gagasan hari provinsi diadopsi di provinsi lain yang jauh dari Den Haag.

Hari Veteran Limburg sebagian ditujukan untuk para veteran muda. Ini dapat dilihat pada program: kendaraan militer tua dan senjata anti-pesawat, kelompok peragaan ulang, demonstrasi anjing polisi dan kastil goyang untuk anak-anak, lukisan wajah dan tes ransum perang. Pada tanggal 18 Juni tahun ini, Pelantikan Edwin Jacobs diberikan oleh Walikota Christophel Ryan Donders, sebuah penghargaan untuk penduduk Roermond.

Sejarah lebih lanjut dari Roermond www.archiefroermond.nl/nl/roermonds-past/hitories.