BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dari Roxy hingga Samson, pabrik tembakau Groningen Niemeyer berkembang pesat – dan tak lama kemudian asap mulai mengepul.

Pada awal lini produk BAT Niemeyer adalah peta dunia yang menunjukkan dari mana tembakau berasal: Kentucky, tentu saja, Tennessee, Brasil, Paraguay, Thailand, Indonesia, Korea Selatan, Tanzania, Uganda, dan Zimbabwe.

Riepko Toxopeus telah berada di semua tempat itu untuk mencari tembakau terbaik. Toxopeus adalah pembeli dan melangor: senyawa campuran. “The Composer” begitu dia menyebutnya sendiri. “Karena sebungkus tembakau adalah sebuah simfoni.”

Dia pensiun bertahun-tahun yang lalu, tetapi tetap terlibat erat dengan Pabrik Tembakau Groningen. “Kamu adalah karyawan Niemeyer seumur hidup.”

Tux, sebagaimana mereka menyebutnya di pabrik, mulai beroperasi pada tahun 1970, dan mereka menguji segalanya. Akuisisi British Gallaher (1974), kemudian Rothmans Afrika Selatan (1990) dan akhirnya British American Tobacco pada tahun 1999, yang baru-baru ini memutuskan untuk menutup Royal Theodorus Niemeyer pada musim panas 2022.

“Kemudian saya merokok cerobong asap selama 203 tahun,” kata Toxopus. Pertama di pabrik-pabrik yang tersebar di sekitar kota, yang juga memasok kopi, rempah-rempah, dan barang-barang kolonial lainnya. Pada tahun 1906 mereka dimasukkan ke dalam pabrik baru yang besar di Paterswoldseweg, saat itu masih di padang rumput. Dari sana, Niemeyer menyebarkan aroma tembakau manis dan pedas ke seluruh kota, terutama dengan angin barat. Toxopeus bisa mencium apa yang ada di bingkai bagian dalam. Misalnya, pada hari Jumat pipa tembakau Klan – cium sudah di stasiun.

Untuk Hungaria dan Malang

Di dalam, mereka kini mulai membongkar lini produksi. Mesin pergi ke pabrik BAT lainnya. Terutama di Pecs, Hungaria, di mana pekerjaan lebih murah, dan orang-orang masih merokok untuk sementara waktu. Pada tahun 2019, produksi untuk Australia dan Selandia Baru, 22% dari volume, dipindahkan ke pabrik BAT di Malang, Indonesia, yang mengkhususkan diri dalam produksi rokok kretek dan tembakau Anda.

Sungguh sebuah tragedi, kata Toxopus, bahwa, dengan kacamata dan rambut tipis di pelipisnya, dia bisa saja menjadi guru sejarah yang ramah—sejarah tembakau dalam kasus ini. Sebentar lagi tidak ada lagi Samson and Java Boys buatan Belanda. Shaggy “setengah berat” dan “tiga perempat berat” yang terkenal: pernah menjadi merek utama Niemeyer. Holland adalah semak belukar dan masih kecil sampai sekarang. Hanya di Norwegia dan Australia sebagian besar pelanggan mendaur ulang produk rokok mereka.

Sekitar 2000 Niemeyer memproduksi 19 juta kilogram tembakau, sebagian besar shaggy. Sekarang itu 5 juta

Pada pergantian abad ini, Niemeyer masih memproduksi 19 juta kilogram tembakau, kebanyakan shaggy. Saat ini hanya tersisa 5 juta kilogram. Shag lebih murah daripada rokok, sebelum keduanya menjadi begitu mahal.

READ  Analisis Pasar Rusa Segar dan Prakiraan Produsen Teratas hingga 2030

Produksi menurun karena lebih banyak menjadi diketahui tentang efek berbahaya dari merokok. Selama 30 tahun terakhir, pengetahuan ini telah berkembang pesat, menghasilkan peraturan yang lebih ketat dan harga yang lebih tinggi. Semakin banyak peringatan tegas ditempatkan pada kemasan dan merokok dilarang di lebih banyak tempat.

Hilang sudah perasaan bahwa sjekkie mewakili kebebasan dan kesenangan.

Periode setelah perang hingga awal 1990-an dapat dianggap sebagai tahun-tahun kejayaan merokok. Hampir semua orang pernah merokok: di rumah, di tempat kerja, di TV, di depan kelas. Baunya asap dari semua orang dan mereka acuh tak acuh tidak higienis. Apa yang tidak diketahui, apa yang tidak menyakitkan.

Niemeyer belum menjadi bisnis keluarga sejak 1974. Pada masa Gallagher dan terutama Rothmans, volume melonjak ke rekor tertinggi. Itu adalah tambang emas di sana di Groningen. Pada tahun anggaran 1977-78, misalnya, perusahaan menjual produk tembakau senilai 370 juta gulden (rokok dan chag). Pada tahun 1984-1985 ini sudah menjadi 792 juta gulden, dan pada tahun 1990-an omzetnya melebihi satu miliar gulden.

Pada puncaknya, Niemeyer, termasuk departemen kopi (Gala), memiliki 1.200 karyawan. Itu adalah perusahaan menengah, tetapi juga pemain global, dan keluarga di mana tua dan muda saling mengenal. Para pemain utama sejak itu masih menyimpan nomor satu sama lain di ponsel mereka.

Terlepas dari citra perusahaan tembakau, Niemeyer telah menjadi perusahaan sosial, kata Didi Nienhuis, yang telah merancang kemasan selama hampir setengah abad.

Menurut Nienhuis, tidak ada yang pernah dipecat di tingkat administratif ke atas: “dicari solusi.” Dalam peran baru sebagai fotografer, ia berjalan sebagai sutradara yang agak tegas di semua festival musik yang disponsori oleh Samson (‘Lepaskan singa dalam dirimu’) dan Javaanse Jongens (North Sea Jazz). Keith Richards tidak hanya diizinkan untuk digunakan dalam iklan, tetapi menggambarkan Richards di atas panggung di depan singa samson raksasa adalah “pengumpulan berita gratis” sampai Undang-Undang Tembakau 2002 melarang iklan tembakau, termasuk sponsor remaja.

Di dalam pabrik tembakau BAT Niemeyer di Groningen. Pada puncaknya, Niemeyer, termasuk departemen kopi (Gala), memiliki 1.200 karyawan. Itu adalah perusahaan menengah, tetapi juga merupakan pemain global.
Foto oleh Corné Sparidaens dan Bert Janssen / HH

Nienhuis juga mengatakan karyawan dapat merokok di dalam ruangan secara gratis dan mendapatkan sebungkus rokok atau gulungan Anda sendiri setiap bulan di samping gaji mereka. Sekelompok besar bangsawan Belanda bekerja di bagian pabrik yang paling panas dan paling lembab. Ketika penutupan diumumkan pada November tahun lalu, 60 karyawan Pelatihan Pekerjaan Sosial Elkez dikatakan telah mengucapkan selamat tinggal.

READ  Ingin acara: Datsun 280Z Convertible

Di rumah Nienhuis, di distrik Villa Groningen, rokok diletakkan di atas meja untuk para tamu di nampan, seolah-olah tahun tujuh puluhan tidak pernah berakhir. Bersinar satu. Nienhuis – syal sutra dan tawa murah hati, tersedak sesak napas – dirancang semuanya untuk Niemeyer. Kelly, Columbus, Roxy (“Roxy. Ya, tolong!”). Anak laki-laki Jawa memeriksa rokok. Kepala Singa Samson: “Oke, tapi kuat.” Dia tersenyum pada spanduk di bawahnya.

Di masa kejayaan, ilmuwan datang ke Niemeyer. Mereka menyewa pembalap Jantje Lammers, yang telah berbicara tentang petualangan Formula 1 di kolom reguler di majalah perusahaan. Adèle Bloemendaal bertanya apakah dia bisa melakukan apa saja untuk Niemeyer, Don Johnson van Wakil Miami Siapa dia dipanggil. Ketika mereka ingin menduduki pasar Jerman, yang lama Cek dari Java Boys.

Presiden dengan inisial

Para kepala suku Niemeijer – dengan ij panjang – disapa dengan inisial mereka sekaligus akrab dan terhormat: Mr. Th.W. , HHF dan Th.E. , seorang pria yang sangat terhormat, “pelayan” Ratu Juliana. Apa yang telah mereka lakukan dengan para bangsawan: Mereka mungkin merokok, karena itulah yang dulu dan masih mereka sukai.

Pada peringatan 150 tahun pada tahun 1969, Pangeran Bernard merokok “pipa perdamaian” dengan orang India dari Kanada (dia meminta Th.E untuk “orang India” asli yang dia tidak mengerti).Pada upacara tersebut, Niemeyer diberi julukan “Kerajaan .” Selama pembongkaran Mereka harus segera melepas mahkota dari fasad.

Pada awal 1970-an, “rencana putus-putus” Niemeyer yang terkenal adalah yang pertama membedakan antara rokok “ringan” dan “berat” dalam kandungan tar dan nikotin. Industri tidak berterima kasih kepada perusahaan, karena secara diam-diam mengakui bahwa “berat” mungkin memiliki kekurangan. Johan Cruyff memilih Roxy Dual “ringan”, seperti yang dia tunjukkan dalam kampanye skala besar. “Jika Anda ingin merokok, merokoklah dengan bijak.”

Samson mensponsori Borussia Dortmund dan Roxy dalam turnamen tenis bersama Bjorn Borg dan Tom Oker. Pada saat itu, orang-orang kurang peduli tentang konsekuensi merokok dibandingkan jika Anda adalah pria sejati jika Anda merokok “ringan”. Majalah Perusahaan Berita Niemeyer1979: “Riset pasar sekarang menunjukkan bahwa masih banyak orang yang malu untuk merokok seperti itu.”

READ  Unit Penanganan Udara Kompak ClimaPac Dengan Pompa Panas

Di papan reklame, pria Marlboro masih bangga dengan kudanya, tetapi di balik layar “masalah dimulai,” kata Mino Harms, pengacara pertama perusahaan dan kemudian sekretaris eksekutif Niemeyer. Sejak tahun 1972, Niemeyer mengakui dalam siaran persnya bahwa merokok bisa berbahaya. Dia memainkan peran dalam gugatan 1999 yang diajukan oleh dua perokok yang sakit parah dari tembakau yang beredar Samson terhadap Niemeyer untuk pertanggungjawaban atas kesehatan mereka yang rusak.

Antara lain terkait dengan pertanyaan apakah perusahaan diam-diam menambahkan zat adiktif tambahan pada barang dagangannya. “Tidak, tidak, tidak,” kata Rybko Toxopus, salah satu saksi saat itu. Menno Harms, yang juga diingatkan oleh Pengadilan Assen: “Paling sering bau licorice, gula, dan toffee.” Tidak ada kompensasi untuk pasien.

Milenial merokok

Sekarang Belanda sedang menuju “generasi bebas asap rokok”. Perokok yang tersisa dari generasi sebelumnya menghadapi konsekuensi mengerikan dari kecanduan mereka dengan setiap melihat kemasan mereka. British American Tobacco tidak ingin mencobanya lagi. Ketika niat untuk menutup diselesaikan pada bulan April, Niemeyer masih mempekerjakan 185 orang. “Kami lega dengan kejelasannya,” kata seorang karyawan. Bahkan jika pesan tidak bagus.

Di rumahnya di Grijpskerk, Toxopeus memiliki apa yang dia sebut loteng tembakau. Di atas taplak meja biliar terdapat lembaran besar nicotiana tabacum, tanaman tembakau. Ada “altar tembakau” dengan perlengkapan tembakau. Mélangeur membuka paket dan kaleng dan membiarkan Anda mencium baunya. “Ini, kenari. Itu diasap. Atau itu, tembakau pipa Neptunus. Sesuatu yang cokelat, brendi. Menyenangkan, bukan?”

“Ini produk yang indah. Buah-buahan pedas. Tidak tajam atau mengiritasi. Menyenangkan untuk merokok. Bercinta: produk khas Belanda. Kandungan nikotin yang adiktif: Ini dia produknya. Setiap kali saya melewati seseorang yang merokok di jalan, saya menikmati asap ini dan mencoba mencari tahu sendiri jenis campuran apa itu.

“Pada zaman saya, produksi lima pabrik tembakau yang ditutup di tempat lain jatuh ke Niemeyer. Sekarang giliran kita.” Mungkin akhir dari Niemeyer juga merupakan akhir dari Samson, yang juga tidak lagi memanas di Hongaria.

Apakah Toxopeus mengenal seorang perokok tua Samson atau Javaanse Jongens yang dapat berbicara tentang perasaannya tentang hilangnya Niemeyer? Toxopeus berpikir sejenak. “Bukankah itu gila kata-kata yang tidak bisa kupikirkan lagi?”