BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Deforestasi skala besar di Liberia juga dengan uang Belanda

Menurut Wijers, spesialis kelapa sawit Golden Agri Resources terutama aktif di Indonesia dan Malaysia. Tapi ekspansi. Wijers: “Anda dapat melihat bahwa permintaan minyak sawit yang besar berarti banyak perusahaan minyak sawit mencari tempat baru untuk ekspansi. Dan Liberia, di Afrika Barat, tetapi juga negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan adalah negara berikutnya yang akan berubah menjadi perkebunan. .”

Hutan hujan yang unik

Deforestasi dan pelanggaran hak asasi manusia kini telah muncul di Liberia. Wijers menunjukkan bahwa area di mana perusahaan kelapa sawit beroperasi sangat penting bagi keanekaragaman hayati dan bagi masyarakat lokal yang bergantung pada area tersebut untuk mata pencaharian mereka. “Ini adalah hutan hujan yang unik dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Ini juga merupakan rumah bagi simpanse dan kuda nil kerdil, antara lain,” kata Wijers.

Janji indah?

Pada tahun 2018, Milieudefensie mengajukan keluhan dengan sejumlah mitra, di mana mereka sekarang terbukti benar. Wijers: “Artinya GAR harus memperbaiki kerusakan, sehingga mereka harus menyelesaikan deforestasi dan pelanggaran HAM.” Namun, Milieudefensie percaya bahwa ini tidak cukup. Karena menurut Weijers, tidak ada tindakan nyata yang akan diambil oleh perusahaan sawit tersebut.

Wijers: “Apa yang sebenarnya kami lihat adalah bahwa sejak perusahaan ini telah aktif di Liberia selama sekitar 10 tahun, pelanggaran dan pelanggaran telah dilaporkan berulang kali.” Wijers menjelaskan bahwa pengaduan sebelumnya diajukan di mana LSM benar, tetapi dalam praktiknya tidak ada yang berubah.

Wijers: “Ini adalah keseribu kalinya GAR dikritik, tidak hanya oleh LSM tetapi juga oleh komite independen. Dan apa yang kita lihat adalah bahwa lembaga keuangan Belanda terus berinvestasi di GAR, tetapi juga di perusahaan kelapa sawit lainnya. Mereka adalah benar-benar terlibat dalam pelanggaran berat.

READ  Di BDS Palestina yang sempurna, tidak ada yang perlu pindah

Bank dan dana pensiun

“Bank dan dana pensiun terus mengalirkan uang ke perusahaan minyak sawit jenis ini. Seperti dana pensiun Zorg en Welzijn, serta manajer aset PGGM dan Robeco, mereka menginvestasikan uang di perusahaan ini.”