BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Dengan mundur sekarang, Putin dan seluruh sistem akan menjadi benar-benar tidak dapat dipercaya.”

internasional14 Juli 23:10 7:10pengarang: Bram van Eugendhoven

Presiden Rusia Putin menanggapi rencana NATO Ukraina. Dengan masuknya Ukraina ke dalam aliansi militer, dunia akan menjadi lebih rentan, dan keamanan Ukraina tidak akan banyak membaik, menurut Putin.

Presiden Rusia Putin menanggapi rencana NATO Ukraina.  Dengan bergabungnya Ukraina, dunia akan menjadi lebih rentan, dan menurut Putin, keamanan Ukraina tidak akan jauh lebih baik dengan keanggotaan.
Presiden Rusia Putin menanggapi rencana NATO Ukraina. Dengan bergabungnya Ukraina, dunia akan menjadi lebih rentan, dan menurut Putin, keamanan Ukraina tidak akan jauh lebih baik dengan keanggotaan. (ANP/Zuma Tekan)

Pernyataan presiden Rusia sama sekali tidak mengejutkan, karena salah satu alasan yang dia berikan untuk “operasi militer khusus” di Ukraina adalah pencegahan aksesi Ukraina ke NATO. Oleh karena itu, Putin saat ini tidak akan menerima masuknya Ukraina ke dalam aliansi militer. “Apa yang dimulai secara lokal sebagai ‘operasi militer khusus’ disajikan oleh Kremlin beberapa bulan lalu sebagai perang habis-habisan melawan NATO dan Barat,” kata koresponden Rusia Yost Bosman. “Dengan mundur sekarang, Putin dan seluruh sistem akan benar-benar tidak dapat dipercaya.”

Baca juga | Rusia memiliki masalah kepemimpinan yang besar.

Selain itu, menurut Putin, keanggotaan NATO untuk Ukraina akan menyebabkan “ketegangan internasional tambahan”. “Anda mungkin harus mempertimbangkan senjata nuklir yang ditempatkan di Belarusia,” kata Bosman. Menurutnya, Putin juga dapat berbuat lebih banyak untuk lebih memiliterisasi Kaliningrad, kantong Rusia antara Polandia dan Lituania, atau menempatkan lebih banyak senjata di perbatasan dengan Swedia dan Finlandia.

Uang tunai

Sementara itu, hal-hal terus goyah dalam komando Angkatan Darat Rusia. Pada hari Kamis diumumkan bahwa Jenderal Ivan Popov telah diberhentikan setelah dia mengkritik kemajuan perang. Menurut Bosman, pembersihan sedang berlangsung di puncak tentara dan Kremlin sedang memeriksa korps perwira untuk melihat seberapa setia mereka kepada rezim. Dan media Barat melaporkan kemarin bahwa sepuluh perwira tinggi ditangkap dan sekitar lima belas dari mereka diusir.

READ  Hazara takut akan warisan dan keamanan di bawah pemerintahan Taliban

Baca juga | Dukungan Barat untuk Ukraina adalah kabar buruk bagi Kremlin

Kerusuhan tampaknya tidak menyebabkan perubahan besar dalam opini publik. “Selama propaganda itu ada di televisi negara, itu bisa memakan waktu sangat lama,” kata Bosman. Menurut reporter, Rusia sangat percaya bahwa perang sedang terjadi di Ukraina melawan NATO dan Barat. Kemudian ketika terjadi kesalahan, mereka berkata: Kami tidak punya pilihan, kami hanya harus berjuang. Ini berkaitan dengan gagasan rata-rata orang Rusia.