BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Di mana Anda dapat mengemudi dengan SIM Belanda Anda? Sekarang

Semakin banyak orang dari luar negeri yang bekerja, baik di alamat liburan maupun tidak. Bisakah Anda mengemudi di sana dengan SIM Belanda Anda? Bagaimana situasi sebaliknya bagi orang asing di Belanda?

Jika Anda sementara berada di luar negeri untuk bekerja, Anda dapat pergi ke mana pun di Uni Eropa dengan SIM Belanda Anda. Ini juga berlaku untuk Liechtenstein, Norwegia, Islandia, dan Swiss.

Di luar itu Anda akan mendapatkan jarak jauh dengan SIM Anda. Merupakan ide bagus untuk mengajukan International Driving License (IRB).

Perusahaan persewaan mobil di Amerika Serikat mungkin memintanya, tetapi pada prinsipnya Anda dapat pergi ke sana dengan SIM Anda sendiri. Di negara seperti Suriname, IRB Anda diperlukan karena SIM Belanda hanya berlaku selama dua minggu setelah kedatangan. Di Indonesia, SIM Anda hanya dapat diterima bersama dengan IRB.

Jangan khawatir tentang imigrasi

Jika Anda berimigrasi ke negara UE, Anda tidak perlu khawatir tentang validitas SIM Anda. Itu bisa di dompet sampai valid. Saat tanggal kedaluwarsa Anda semakin dekat, Anda dapat mentransfer SIM Anda ke seseorang dari negara tempat tinggal Anda.

Ini tidak jelas di luar UE, jadi Anda harus menghubungi pihak berwenang setempat. Anda tinggal di luar UE, tetapi jika SIM Belanda berlaku di negara tersebut, Anda dapat meminta ‘kertas’ bahasa Belanda baru dari negara tersebut setelah masa berlakunya habis.

Ingatlah bahwa dalam semua kasus, SIM Belanda Anda tidak akan digunakan sebagai bukti identitas di luar negeri. Anda harus mengandalkan paspor atau kartu identitas Anda untuk ini.

Saya masih mengemudi selama 185 hari

Sebaliknya, mereka yang tinggal di Belanda diperbolehkan mengemudi untuk beberapa waktu dengan SIM asing mereka. Untuk SIM UE, ini adalah lima belas tahun. Jika SIM sudah berusia lebih dari 15 tahun tetapi belum habis masa berlakunya, dapat digunakan selama dua tahun lagi.

READ  Master Girl berencana untuk mengajari anak-anak lebih banyak tentang tahun-tahun perang Hindia Belanda

Pemegang SIM dari negara-negara non-anggota Uni Eropa dapat terus mengemudi selama 185 hari lagi dengan SIM. Surat izin mengemudi harus valid.

Jika seseorang sudah tinggal di Belanda dan pada saat itu diterbitkan SIM di negara Uni Eropa lain, orang tersebut harus mentransfer SIM tersebut ke Belanda.

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menukar SIM yang dikeluarkan di Uni Eropa. Misalnya, itu juga berlaku untuk surat izin mengemudi (B) di negara-negara seperti Inggris, Israel, dan Taiwan.