BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Di Meksiko cuacanya sangat panas sehingga monyet-monyet howler berjatuhan dari pohon

Di Meksiko cuacanya sangat panas sehingga monyet-monyet howler berjatuhan dari pohon

Cuaca panas dan kekeringan yang berkepanjangan di Meksiko menyebabkan kematian pada monyet howler. Di hutan selatan, warga menemukan hewan berjatuhan dari pohon saat suhu naik lebih dari 45 derajat. Di negara bagian Tabasco yang sangat panas saja, 83 spesimen spesies primata kecil liar ditemukan mati sejak awal bulan ini.

Dokter hewan Sergio Valenzuela telah merawat beberapa monyet yang lemah akibat dehidrasi dan tekanan panas di klinik setempat. “Kami menaruh es di telapak tangan dan kaki mereka,” katanya kepada AP. Hewan yang kondisinya lebih parah diberi infus cairan.

Dia mengatakan pasiennya pulih dengan cepat. Awalnya mereka ceroboh dan mudah ditangani, namun kini mereka terus menguat di dalam kandang. Valenzuela: “Mereka menggigit lagi.”

Monyet Howler – dikenal karena lolongannya yang panjang dan dalam sehingga membuatnya tampak jauh lebih besar daripada tinggi badannya yang bisa mencapai 60cm – adalah salah satu penghuni hutan Meksiko yang dicintai. Penduduk setempat merawat hewan-hewan tersebut, dan khususnya anak-anak yang diadopsi sebagai hewan peliharaan.

Ahli biologi setempat, Gilberto Pozo, tidak menyarankan hal yang terakhir ini: “Anak-anak kecil sangat rentan dan tidak dapat tinggal di rumah yang juga dihuni oleh kucing atau anjing,” karena mereka dapat membawa penyakit yang berakibat fatal bagi mereka. Dia bersikeras agar monyet-monyet itu dilepaskan kembali ke hutan setelah mereka pulih.

Es batu pada porsi

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, yang juga berasal dari Tabasco, mengakui pada hari Senin bahwa panas membunuh monyet-monyet pelolong, dan berjanji untuk memberikan bantuan ke klinik Valenzuela. Presiden, yang dengan bangga mengunjungi seluruh kota di Meksiko selama tiga kampanye kepresidenannya, juga menggambarkan suhu panas yang belum pernah terjadi sebelumnya: “Saya belum pernah merasakan panas sebesar ini sebelumnya.”

READ  Orang tua penembak sekolah Amerika mengabaikan kartun yang mengejutkan dan menyiksa hewan | luar negeri

Awal bulan ini, rekor suhu baru terjadi di negara bagian Tamaulipas di utara: di Ciudad Victoria suhu mencapai 47,4 derajat. Kekeringan yang berkepanjangan akibat kurangnya curah hujan juga menimbulkan masalah. Ketika waduk mengering, listrik yang dihasilkan lebih sedikit dan pemadaman listrik lebih sering terjadi. Di Oxxo, jaringan toko serba ada nasional, pelanggan di beberapa lokasi masih diperbolehkan membeli maksimal dua atau tiga kantong es batu. (AP)

Baca juga
Permainan politik Bolsonarista menghambat bantuan banjir di Brasil