BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Banyak kematian dan jalur kehancuran akibat tornado di Iowa

Banyak kematian dan jalur kehancuran akibat tornado di Iowa

Warga membersihkan kerusakan akibat angin puting beliung di Iowa

Berita Noos

Beberapa orang tewas akibat tornado dahsyat yang melanda negara bagian Iowa, AS. Sedikitnya dua belas orang juga terluka.

Kota kecil Greenfield terkena dampak paling parah. Kota yang berpenduduk sekitar 2.000 jiwa ini dilanda beberapa kali badai dan sebagian besar kota hancur. Menurut polisi setempat, layanan darurat masih mencari korban, sehingga jumlah korban tewas belum dapat ditentukan secara akurat.

Sebuah drone menunjukkan kerusakan besar di kawasan Greenfield. Banyak rumah hancur total, pohon tumbang, dan kincir angin hancur:

Tornado di Iowa menyebabkan desa-desa hancur

Kerusakan akibat tornado juga dilaporkan terjadi di wilayah lain negara bagian itu. Di ibu kota, Des Moines, sebuah turbin angin pecah menjadi dua dan terbakar. Puing-puing berserakan di jalan-jalan beberapa kota.

Pihak berwenang sebelumnya telah memperingatkan bahaya angin topan dan badai hebat. Itulah sebabnya sekolah-sekolah ditutup lebih awal sebagai tindakan pencegahan dan kehidupan masyarakat terhenti beberapa jam sebelum badai terjadi.

Wilayah Midwest Amerika Serikat telah mengalami cuaca buruk selama berhari-hari. Di Kansas, Missouri dan Oklahoma, orang-orang terluka akibat angin kencang, tornado, dan hujan es sebesar bola bola.

gang tornado

Iowa adalah bagian dari apa yang disebut Tornado Alley: sebuah area seluas sekitar delapan negara bagian di Amerika Serikat di mana tornado sering terjadi. Sebagian besar badai ini tidak kuat.

Rata-rata sekitar 1.000 tornado terjadi setiap tahun di Amerika Serikat, terutama pada bulan April, Mei, dan Juni.

READ  Langkah-langkah keamanan tambahan di Brasil sekitar pelantikan Lula