BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Di sebuah landmark yang benar-benar bersejarah, JWST telah berhasil dikerahkan! Apa sekarang?

Kita semua bisa bernapas lega secara kolektif. Dengan susunan cermin utama yang terungkap sepenuhnya, komponen kunci dari Teleskop Luar Angkasa James Webb yang terperangkap sekarang dikerahkan, dan terus berjalan dengan tenang ke tujuannya.

Penempatan, yang selesai pada 8 Januari 2022, menandai tonggak yang sangat penting bagi misi bersama NASA, ESA dan CSA Webb dan ilmu antariksa secara umum. Cermin utama 18 bagian adalah cermin terbesar yang pernah dikirim ke luar angkasa, dan diatur untuk merevolusi ilmu luar angkasa dengan pemandangan alam semesta yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“NASA telah mencapai prestasi teknik lain dalam beberapa dekade kerja. Sementara penerbangan itu belum selesai, saya bergabung dengan tim Webb untuk bernapas sedikit lebih mudah dan membayangkan terobosan masa depan yang akan menginspirasi dunia,” Administrator NASA Bill Nelson berkata:.

“Teleskop Luar Angkasa James Webb adalah misi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang akan melihat cahaya dari galaksi pertama dan menemukan misteri alam semesta kita. Setiap pencapaian yang telah dibuat dan pencapaian yang akan datang adalah bukti dari ribuan inovator yang telah menempatkan mereka gairah dalam hidup.”

Saat ini, Webb sedang berlayar ke rumah barunya, sebuah tempat 1,5 juta kilometer (hanya di bawah satu juta mil) dari Bumi, di daerah yang disebut Lagrange Point.

Di sini, gaya gravitasi gabungan dari dua benda yang lebih besar (dalam hal ini Bumi dan Matahari) menciptakan area kecil stabilitas gravitasi.

READ  186 gembala kebun binatang diberitahu bahwa mereka menembak rabies karena kelelawar liar

Webb akan duduk di titik Lagrangian kedua – total ada lima untuk sistem tubuh biner – di sisi jauh Bumi dari Matahari, juga dikenal sebagai L2. Webb diperkirakan akan mencapai L2 pada akhir Januari.

Saat ia melakukan perjalanan, para ilmuwan di Bumi akan mulai mengeluarkan perintah untuk mempersiapkan Webb untuk ilmu pengetahuan masa depan. Menjelang akhir bulan pertama Webb di luar angkasa, para insinyur akan memulai koreksi di tengah jalan yang akan memastikan Webb mencapai posisi barunya di orbit sekitar L2.

(NASA dan M. Clampin, GSFC)

Setelah Webb tiba di L2, sensor pemandu presisi, kamera inframerah-dekat, dan spektrometer inframerah-dekat akan menyala, mengambil gambar (buram, karena cermin tidak akan fokus) bidang bintang untuk memastikan semuanya berfungsi.

Maka saatnya untuk menyesuaikan cermin. Ini melibatkan mengemudikan 126 operator yang sangat presisi di belakang cermin berlapis emas untuk membengkokkan dan menekuk setiap bagian dengan terampil dalam proses yang akan memakan waktu beberapa bulan.

Setelah itu, kalibrasi akan dimulai, dan tim sekali lagi berupaya keras untuk memastikan Webb berfungsi sebagaimana mestinya. Akhirnya, Webb harus siap untuk memulai operasi ilmiah sekitar bulan Juni 2022.

Saat ini, karena ekstensi Kesulitan yang mengganggu proyek Sejak didirikan pada tahun 1996, kita semua dapat meluangkan waktu sejenak untuk merayakan pencapaian kolosal dari kedatangan observatorium yang sukses ke luar angkasa dan penyebaran penuhnya.

READ  Pejabat kesehatan mengatakan remaja dan dewasa muda mendorong rekor kasus Covid di AS US News

“Penyelesaian yang sukses dari semua penyebaran Teleskop Luar Angkasa Webb adalah sejarah,” Direktur Program Web Gregory Robinson berkata: NASA.

“Ini adalah pertama kalinya misi yang dipimpin NASA pernah berusaha untuk menyelesaikan urutan kompleks pembukaan observatorium di luar angkasa – pencapaian luar biasa bagi tim kami, NASA, dan dunia.”