BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Dia menampilkan dirinya sebagai kakek TikTok, tapi dia sama sekali tidak baik.”

“Dia menampilkan dirinya sebagai kakek TikTok, tapi dia sama sekali tidak baik.”

Calon presiden Indonesia, Prabowo, saat kampanye pemilihannya di Sidoarjo, Jawa. Mantan panglima militer jelas merupakan favorit.Foto oleh Agence France-Presse

Siapa saja calon presidennya?

Tiga kandidat bersaing untuk menggantikan Presiden Joko Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, yang sedang menyelesaikan masa jabatan keduanya. Konstitusi tidak memungkinkannya untuk berpartisipasi dalam putaran ketiga, jika tidak, Jokowi yang populer pasti akan menang lagi. Kedua pesaingnya sekarang adalah Jangar Pranowo dari partai terbesar PDI-P dan Anies Baswedan dari independen, keduanya mantan gubernur. Kandidat ketiga adalah Menteri Pertahanan saat ini, Prabowo Subianto, mantan panglima militer berusia 72 tahun yang mencoba untuk ketiga kalinya menjadi presiden.

Siapa yang memiliki peluang terbaik untuk menang?

Prabowo. Menurut Henk Schulte Nordholt, profesor emeritus sejarah Indonesia, hal ini salah satunya karena Prabowo mendapat dukungan dari presiden saat ini. “Jokowi kenalkan anaknya Gebran Rakabuming Raka Rekan operasi Dari Prabu. Padahal, Gibran yang berusia 36 tahun ini masih terlalu muda untuk menjadi Wakil Presiden; Menurut hukum Indonesia, Anda harus berusia minimal 40 tahun. Mahkamah Konstitusi mengecualikannya. Detail yang menarik: Pengadilan ini dipimpin oleh menantu Widodo. Ada kekhawatiran bahwa Widodo sedang mencoba membentuk dinasti politiknya dengan cara yang tidak demokratis. Ini merupakan isu sensitif di negara yang dipimpin oleh Jenderal Soeharto dengan keras selama lebih dari tiga puluh tahun.

Tim kampanye Prabowo melakukan segala yang bisa dilakukan untuk memberikan sosok jenderal yang bertugas di bawah diktator Suharto itu lebih lembut di media sosial. Ini sepertinya berhasil. Dianggap sebagai “kakek TikTok”, ia populer di kalangan pemilih muda, meskipun mantan jenderal tersebut sebagian besar kontroversial karena pelanggaran hak asasi manusianya.

READ  Australia khawatir mulut-dan-mulut setelah wabah di Indonesia - Berita Daging Sapi

Teks berlanjut di bawah gambar

Pendukung Prabowo pada rapat umum pemilu.  Foto oleh Agence France-Presse

Pendukung Prabowo pada rapat umum pemilu.Foto oleh Agence France-Presse

Schulte Nordholt: “Indonesia memiliki populasi muda, sekitar sepertiganya berusia di bawah 30 tahun. Mereka tidak secara sadar menguji rezim Suharto (dia menjadi presiden hingga tahun 1998, red.) dan kebanyakan berwawasan ke depan. Mereka terekam melalui video TikTok yang menampilkan Prabowo digambarkan sebagai kakek yang manis. Yah, itu tidak bagus. Hanya ketika Anda mendengarnya berbicara, alih-alih berteriak, Anda tahu itu sudah cukup. Dia tidak menghindar dari kata-kata kasar dan tidak tertarik pada Eropa, dan tentu saja tidak pada media Barat. Pria ini terlibat dalam penghilangan mahasiswa pada tahun 1990-an, dan juga disebut-sebut melakukan pelanggaran HAM lainnya, seperti di Timor Timur. Dia juga diberhentikan dari militer karena alasan ini. Saya baru-baru ini mengajar sekelompok mahasiswa sejarah di Jakarta. Saya bertanya kepada mereka apakah mereka tahu tentang masa lalu Prabowo. Ya, tidak banyak. Generasi muda sepertinya tidak tertarik dengan hal tersebut, tapi kita lihat saja bagaimana pandangan mereka jika Prabowo semakin melucuti demokrasi.

Bagaimana cara Presiden Widodo (Jokowi) keluar dari Tanah Air?

Indonesia telah berkembang pesat secara ekonomi selama dekade terakhir. Tahun lalu perekonomian tumbuh sebesar 5 persen, dan diperkirakan tidak akan terjadi resesi saat ini. “Indonesia adalah negara G20 dan mereka bermain-main dengan pihak-pihak besar. Hal ini sebagian disebabkan oleh kebijakan Jokowi,” kata Schulte Nordholt. “Masa jabatan pertamanya berjalan dengan baik. Dia membawa perdamaian dan stabilitas. Pemerintah berinvestasi besar-besaran dalam mengurangi kesenjangan antara kaya dan miskin melalui subsidi. Selain itu, banyak sekali jalan, jembatan, dan rel kereta api baru yang dibangun di bawah presiden ini, sehingga jarak tempuh menjadi lebih pendek.

READ  Bentrokan antara penduduk asli Suriname dan polisi atas konsesi penebangan: 2 tewas

Menurut sebagian besar ahli, masa jabatan kedua presiden berbeda, bahkan keruntuhan demokrasi sudah dimulai. “Di bawah kepemimpinannya, Badan Pemberantasan Korupsi Nasional kehilangan efektivitasnya. Selain itu, undang-undang perlindungan lingkungan dan ketenagakerjaan telah dilonggarkan. Iklim sama sekali tidak menjadi masalah selama pemilu kali ini. Indonesia kaya akan bahan baku. Untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi, kekayaan alam akan dieksploitasi dengan cepat. Misalnya, industri kelapa sawit dan nikel beroperasi dengan kecepatan penuh. Mereka mengambil hipotek besar untuk masa depan.

Turut bekerja dengan kecepatan penuh adalah crane konstruksi di Kalimantan Timur. Ibu kota baru, Nusantara, terletak di pantai timur.

Ibu kota Indonesia yang direncanakan ini adalah proyek bernilai miliaran dolar yang telah menjadi komitmen hati dan jiwa Jokowi. Nusantara dibangun untuk meringankan beban kota Jakarta. Ibu kota saat ini tenggelam sangat lambat ke laut akibat penurunan permukaan tanah. Niatnya, PNS pertama akan pindah ke Nusantara pada tahun ini. Henk Schulte Nordholt memiliki keraguan terhadap proyek bergengsi tersebut. “Kebanyakan masyarakat tidak mau keluar Jakarta sama sekali, dan setiap akhir pekan akan mudik ke Kalimantan, itu juga tidak berkelanjutan. Akan lebih baik jika solusi berkelanjutan digunakan untuk permasalahan di Jakarta sendiri. Kita lihat saja di masa mendatang. tahun mendatang apakah ibu kota baru akan berjalan dengan baik.” Baik.

Secara historis, apakah Belanda masih berperan dalam pemilu?

Schulte Nordholt: “Tidak. Indonesia telah tumbuh menjadi negara modern selama satu dekade terakhir dan masyarakatnya tidak cenderung melihat ke belakang.

Indonesia dalam jumlah

Indonesia mempunyai luas wilayah 1.904.000 kilometer persegi (Belanda 46 kaliTerdiri dari 17.508 pulau, 6.000 di antaranya berpenghuni. Ibukotanya, Jakarta.
– populasi: 277 juta (Negara terbesar keempat di dunia berdasarkan jumlah penduduk).
-Dia tinggal di Indonesia Komunitas Islam terbesar Di dalam dunia. Sekitar 86 persen penduduknya beragama Islam.
205 juta Antara lain, masyarakat akan memilih presiden baru pada 14 Februari. Seorang kandidat harus memperoleh lebih dari 50 persen suara untuk menjadi presiden. Jika tidak, akan ada satu pada akhir Juni Putaran kedua.

READ  Sayona Mining Limited menunjuk James Brown sebagai CEO sementara