BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dua suara dalam perdebatan tentang penanganan trauma

Terkadang sebuah cerita terkubur di bawah cerita lain. Dalam hal Madrid Paralel Oleh Pedro Almodovar secara harfiah. Sepintas, permintaan fotografer Janis (Penelope Cruz) untuk antropolog forensik Arturo (Israel Eligaldi) untuk menyelidiki kuburan massal yang tersembunyi di luar desa asalnya tampaknya merupakan cara interaksi (emosional) yang menegangkan satu sama lain. Bagaimanapun, bagian penting dari plot berkisar pada putri yang lahir setelah pertemuan ini. Dan bagaimana Janice di rumah sakit berkomunikasi dengan Anna yang jauh lebih muda darinya, yang juga melahirkan seorang putri pada saat yang sama dengannya. Sebuah isapan jempol dari sejarah paralel ibu dan anak, di mana karakter ibu dan ibu lainnya (agak hadir) juga berperan.

Almodovar bekerja untuk waktu yang lama dalam film ini, yang dapat Anda sebut sebagai yang paling politis. semua masuk Los Abrasos Rotos kanpelukan rusak) Dari tahun 2009 ada poster di dinding sutradara Matteo Blanco dengan judul Madrid ParalelSelama momen pers seputar film, dia sudah menyebutkan idenya saat itu Todo Super Mi Madre (Ini semua tentang ibuku) kepada Penélope Cruz pada tahun 1999. Tidak peduli seberapa hidup, lucu, dan transgresif film Almodovar, selalu ada penderitaan, tragedi, dan kematian dalam gaya melodramatisnya. dan masuk Madrid Paralel Ini melampaui kerugian pribadi yang harus dihadapi oleh karakter utama.

Baca juga artikel latar belakang tentang “Madres paralelas” dan Perang Saudara Spanyol: ‘Lebih suka menghindari pembicaraan tentang perang saudara’

Kuburan massal membawa mereka kembali ke Perang Saudara Spanyol di akhir 1930-an, kediktatoran sayap kanan Franco berikutnya dan luka masa lalu yang belum sembuh. Janice dan Anna mewakili Gillen, dua suara dalam perdebatan tentang bagaimana menangani trauma. Lupa dan hidup? Atau menghadapi monster dan memberikan bentuk kebenaran dan rekonsiliasi? Spanyol masih jauh dari itu, terbukti dengan fakta bahwa hanya pada tahun 2020 sebuah undang-undang disahkan yang memungkinkan, dengan dukungan pemerintah, untuk menggali setidaknya 100.000 korban rezim Franco yang tetap tidak teridentifikasi dan untuk membuat sebuah permanen kuburan. memberi.

READ  Lukisan Banksy yang robek sebagian dijual di lelang seharga 22 juta euro

Madrid Paralel Sutradara tampil dalam kondisi terbaiknya. Dia berbicara kepada orang-orang sebangsanya tentang hubungan mereka dengan masa lalu, dengan ketidaknyamanan yang ditimbulkannya. Dia dengan terampil menjalin kisah sejarah yang hebat dan setidaknya kisah psikologis yang kompleks. Karena kedalaman yang diberikannya pada karakternya (dan dengan membuatnya lucu, histeris, dan munafik), karakter tersebut menjadi politis lagi.