BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ekonomi Turki juga tumbuh pada kuartal ketiga, dan 2022 akan menjadi tahun rekor – media Turki

Ekonomi Turki juga tumbuh pada kuartal ketiga, dan 2022 akan menjadi tahun rekor – media Turki

Ditulis oleh Media Turki
30 November 2022

Angka resmi menunjukkan, Rabu, bahwa ekonomi Turki tumbuh sebesar 3,9 persen secara tahunan pada kuartal ketiga tahun ini.

Institut Statistik Turki (TurkStat) mengatakan produk domestik bruto negara itu dengan harga saat ini mencapai 4,26 triliun lira Turki ($241,5 miliar) pada periode Juli-September.

Ekonomi Turki tumbuh masing-masing sebesar 7,5 dan 7,7 persen, pada kuartal pertama dan kedua, dan sebesar 11,4 persen pada tahun 2021.

Institut Statistik Turki melaporkan bahwa nilai tambah kegiatan keuangan dan asuransi meningkat sebesar 21,6 persen, sektor informasi dan komunikasi sebesar 13,9 persen, dan layanan profesional, administratif, dan dukungan sebesar 12,6 persen. Ini menjadi 4,1 persen untuk kegiatan real estate dan 1,1 persen untuk kegiatan pertanian, kehutanan dan perikanan. Di sektor konstruksi mengalami penurunan sebesar 14,1 persen.

Pengeluaran konsumsi rumah tangga perumahan meningkat sebesar 19,9 persen pada kuartal ketiga. Itu meningkatkan pemerintah sebesar 8,5 persen.


Pada periode yang sama, ekspor barang dan jasa meningkat sebesar 12,6 persen.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada pertemuan Partai Keadilan dan Pembangunan bahwa sangat penting bagi Turki untuk terus tumbuh pada saat kekhawatiran resesi meningkat. “Kami berharap dapat memulai tahun 2023 dengan baik dengan mengakhiri tahun 2022 dengan rekor tertinggi,” tegasnya.

Dia juga mencatat bahwa fakta bahwa Turki adalah salah satu dari lima negara teratas di G20 dalam hal tingkat pertumbuhan PDB menunjukkan bahwa Turki semakin kuat.

Noureddine Nabati, Menteri Keuangan Turki, mencatat bahwa tingkat pertumbuhan PDB sembilan bulan adalah 6,2 persen: “Kami akan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan terkuat tahun ini, mengakhiri tahun dengan tingkat pertumbuhan sekitar 5 persen. Inilah yang kami harapkan dalam program.” jarak menengah”.

READ  'Layanan keamanan tidak membantu penyusup Belanda'

Mahmoud Asmali, kepala federasi bisnis besar MUSIAD, menanggapi bahwa Turki menempati urutan keempat setelah Arab Saudi, Indonesia, dan Meksiko di antara negara-negara G20 yang datanya telah dipublikasikan. “Kami sangat yakin bahwa ekonomi Turki akan terus meningkat pada tahun 2023 di pundak para industrialis kami… Dalam konteks ini, proses produksi, ekspor, dan pertumbuhan ekonomi nasional kami yang berorientasi pada lapangan kerja akan berlanjut di periode mendatang.”

© Turkishmedia.nl – Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang | AA | Tanggal publikasi: 30/11/2022