BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ekuador baru dapat menyediakan blueberry sepanjang tahun

Ekuador baru dapat menyediakan blueberry sepanjang tahun

Ekuador baru memasuki musim ekspor blueberry yang ketiga, namun sebagai pendatang baru di pasar ini, negara ini mempunyai keuntungan yang tak terbantahkan dalam hal pasokan sepanjang tahun. Menurut Sebastián Muñoz dari Federasi Penanam dan Eksportir Blueberry Ekuador (Fepexa), negara tersebut memiliki protokol fitosanitasi untuk ekspor ke lebih dari 30 negara. Ekspor dimulai pada tahun 2021 dan kini buah tersebut telah sampai ke Belanda, Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Spanyol, dan Panama.


Foto: Nobis (Ekuador)

Saat ini Ekuador hanya mempunyai lahan seluas 300 hektar. Pada tahun 2022, 220 ton diekspor dengan nilai FOB $1,242,000, kata Muñoz. Blueberry ditanam baik di pesisir maupun di pedalaman. Ekuador menanam varietas berikut: Biloxi, Emerald, Jewel, Legacy, Star, Atlas dan Eureka Sunrise.

Beberapa petani memiliki sertifikasi GlobalGAP dan Rainforest Alliance. Budidaya bersertifikat organik juga tersedia. Terdapat lebih dari 100 petani, 25 diantaranya terafiliasi dengan Febexa. Luasnya diperkirakan akan meningkat menjadi 1.000 hektar di tahun-tahun mendatang.

Mengingat keuntungan dari budidaya sepanjang tahun, Ekuador memiliki rencana ambisius untuk menjangkau lebih banyak pasar. “Ekuador memiliki protokol fitosanitasi untuk mengekspor ke lebih dari 30 negara. Febexa dan lembaga negara Agrocalidad berupaya membuka pasar baru, termasuk Tiongkok, Swiss, Norwegia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Thailand, Vietnam, India, Indonesia dan Jepang,” kata Munoz optimis.

Ketika Peru, pemimpin dunia dalam produksi dan ekspor blueberry, mengalami kesulitan pada musim ini, Muñoz mengatakan Ekuador melihat peluang untuk menjangkau pasar-pasar baru ini. “Permintaan sudah meningkat. Ekuador adalah pemain baru di pasar dengan masa depan yang menjanjikan. Ukuran, warna dan nilai harga buah kami sangat bagus dan akan membantu kami bersaing di pasar blueberry internasional,” simpul Muñoz.

READ  Beginilah cara Anda melakukan Memorial Day yang paling inklusif

Untuk informasi lebih lanjut:
Sebastian Munoz
Federasi Ekuador de Protectoras dan Eksportir de Arendano
Telp: +593 9989 68583 (Ekuador)
[email protected]