BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Else, 28, selamat dari kecelakaan perahu dan kini memenangkan triatlon: 'Selalu bisa lebih ekstrem' | Berita RTL

Beberapa tahun lalu, Else Visser (28) menghabiskan hampir setiap akhir pekan di salah satu bar Utrecht bersama teman-temannya. Dia bahkan selamat dari kecelakaan kapal di Indonesia empat tahun lalu. Dengan naluri bertahan hidup yang sama seperti saat itu, dia memenangkan triathlon Ironman yang melelahkan di Maastricht dua minggu lalu. “Jika ada yang tidak beres selama balapan seperti ini, saya pikir saya akan melakukan perjalanan perahu itu kembali: hal itu selalu bisa menjadi lebih ekstrim.”

Dia berlari sambil tertawa menjelang akhir perlombaan Ironman di Maastricht, saingan terbesarnya dan favorit untuk meraih emas lebih dari tiga menit di belakangnya. Sepuluh meter sebelum garis finis, Els melihat teman-temannya dan mencondongkan tubuh ke samping untuk memeluk mereka. Kemudian dia melepaskan diri dari pelukan itu dan berlari sambil berteriak, “Ya!” Pertama melintasi batas.

Dia telah menyelesaikan renang sejauh 3,86 km, bersepeda 180,2 km, dan maraton 42,195 km. Butuh waktu 9 jam 30 menit. “Saya masih berada di awan,” kata Els penuh semangat dari rumah liburan di Valkenburg, Limburg. Orang tuanya telah memesannya untuk menonton balapannya.

Teman-teman Else berdiri di samping di beberapa tempat.

Perjalanan perahu empat hari

Kecintaannya pada olahraga dimulai empat tahun lalu. Els berada di tahun kelima sekolah kedokteran dan pergi ke rumah sakit di Bali untuk pelatihan tambahan. Tiga minggu kemudian, saya melakukan perjalanan backpacking untuk menjelajahi seluruh Indonesia.

Contoh gambar mini

Saat backpacking di Bali.

Pada minggu terakhir perjalanannya, ia memesan perjalanan perahu selama empat hari dari Lombok ke Kepulauan Komodo yang menakjubkan. Anda tidak akan pernah sampai di sana. “Banyak backpacker yang melakukan perjalanan ini. Perjalanan ini sangat sederhana dan murah. Kami tidur di atas tikar tipis bersebelahan di atas kapal.”

Tempat dimana Els tidur suatu malam. Pada malam kedua ada yang tidak beres.

Kecelakaan kapal

Contoh gambar kecil

Kapal meninggalkan pelabuhan pada hari Kamis. Namun pada Jumat malam, di tengah laut, ada yang tidak beres. Gelombang tinggi membuat lambung kapal berlubang. “Mengerikan. Saat itu sangat gelap, kami tidak melihat apa pun dan kapal mulai tenggelam. Hanya ada satu sekoci yang dapat menampung enam orang, kami adalah dua puluh turis dan lima awak kapal.”

Sekoci itu terombang-ambing di laut lepas sepanjang malam. Ada enam orang di dalam perahu, dan sisanya berbaring di sampingnya di dalam air dan berpegangan pada tepian. “Kami bergiliran, tapi setelah beberapa saat terjadi perselisihan di perahu. Orang-orang tidak mau lagi menyerahkan tempat duduknya.”

Ini terjadi pada 17 Agustus 2014

Kapal pesiar Versace Amara berlayar dari pulau Lombok di Indonesia ke Pulau Komodo dalam perjalanan empat hari. Perahu tersebut berangkat pada Kamis dan menabrak terumbu karang pada malam Jumat, 16-17 Agustus 2014, lalu tenggelam.

READ  "Gooi dit in de mix en de gekste dingen kunnen gebeuren."

Ada 25 orang di dalamnya: 20 wisatawan dari Jerman, Belanda, Spanyol, Italia dan Inggris, empat awak kapal dan seorang pemandu dari Indonesia. Ada lima orang Belanda di kapal itu. 23 orang berhasil diselamatkan dan dua orang meninggal.

Tujuh orang memutuskan untuk berenang ke Pulau Sanjiang (lingkari di peta). Pulau vulkanik yang hampir tak berpenghuni ini terkenal dengan komodo yang terkenal kejam, reptil yang tumbuh hingga panjang 3 meter dan memiliki gigitan yang mematikan. Lima perenang mencapai pulau itu. Dua orang Spanyol yang mencoba berenang ke pulau itu sekitar tiga jam setelah Els hilang. Mayat mereka tidak pernah ditemukan.

Pulau tak berpenghuni

“Saya tidur dengan celana dalam dan kaos malam itu. Itu adalah satu-satunya pakaian yang saya kenakan saat berada di air di samping sekoci. Saya kedinginan dan haus, tetapi kami tidak punya makanan atau minuman.” Dia takut hipotermia dan berpikir dia tidak akan bisa bertahan satu malam lagi di laut. “Tidak ada yang tahu kami ada di sana, jadi tidak ada yang datang menyelamatkan kami.”

Saat matahari terbit, Els melihat sebuah pulau di kejauhan. “Jauh sekali, tapi saya ingin berenang di sana. Saya dulu suka berenang secara kompetitif ketika saya masih kecil. Setidaknya di pulau itu, saya punya kesempatan untuk bertahan hidup.” Tidak semua orang ingin pergi bersamanya. Pagi-pagi sekali saya berenang menjauh dari sekoci menuju pulau, ditemani oleh seorang wanita Selandia Baru, dua gadis Jerman, dan seorang pria Prancis.

“Kupikir aku tidak akan berhasil”

Contoh gambar kecil

“Saya membawa kartu SD kamera saya ketika saya sedang berenang. Ajaibnya, semua foto masih ada di sana. Juga dari perahu sebelum kami berangkat.”

Ombaknya masih tinggi dan arusnya deras. Dia mulai berenang hanya dengan mengenakan T-shirt dan tas berisi paspor, telepon, dan kartu fotonya. “Saya pikir itu tidak mungkin, bahwa saya tidak akan mampu melakukannya. Sesekali saya berpikir: Bagaimana jika saya tidak kembali? Tapi saya mencoba untuk menyingkirkan pikiran itu. 'Teruslah berenang, teruslah berenang'. Saya terus mengulanginya seperti mantra.” Di kepalaku.”

Separuh dari perenang ingin mempertahankan kekuatan dan kenyamanannya. Kelompok itu terpecah, yang ternyata menjadi penyelamat mereka. Setelah delapan jam berenang, Else dan Jaylene, wanita Selandia Baru, naik ke pantai berbatu di pulau itu. “Wajah kami terbakar, pipi kami melepuh, kami benar-benar kelelahan dan haus, tetapi kami tidak dapat menemukan air segar.”

READ  Bo Bendsneyder start kelima di Grand Prix Indonesia, Zonta van den Goorbergh 25 | olahraga lainnya

Video: Els tentang triatlon

Mereka melambaikan jaket pelampung

Ternyata orang Selandia Baru ini kreatif membuat masker matahari dari styrofoam dan jerami yang dicuci. Para wanita memutuskan untuk mengumpulkan urin mereka dan meminumnya. Mereka tidur di pantai berbatu untuk memandangi laut. “Kami berharap mendapatkan perahu.”

Pagi harinya para wanita melihat sebuah perahu lewat. “Kami melambaikan jaket pelampung berwarna oranye terang, tetapi perahu berbelok di tikungan. Namun tak lama kemudian, perahu itu kembali. “Mereka juga melihat tiga orang lainnya melambai sedikit lebih jauh ke bawah pulau dan menganggapnya aneh, jadi mereka pergi untuk melihatnya.”

Modus bertahan hidup

Els diselamatkan. Saya menaiki kapal mewah bintang lima dan mendapatkan makanan, mandi, dan pakaian bersih. “Saya tidak bisa menangis sampai saya tiba di kapal. Sepanjang waktu saya di sana, saya berada dalam mode bertahan hidup. Sekarang saya bisa melepaskan diri.”

Namun menghubungi orang tuanya di Belanda tidak diperbolehkan dan biayanya sangat mahal. “Aneh, bukan? Jadi, aku mengirimi adikku pesan di Facebook: ‘Ponselku hilang.’ Aku tidak ingin membuat dia atau orang tuaku khawatir.”

rumah

Contoh gambar kecil

Di hotel setelah menyelamatkan Else (kanan depan) dan Jilin. “Kami mengirim email beberapa kali, tapi kemudian koneksinya hilang.” (Foto: AFP)

Sebelum berangkat ke Kepulauan Komodo, ia memberi tahu orang tuanya bahwa ia akan berada di laut selama empat hari tanpa perlindungan, sehingga mereka tidak khawatir. “Ketika mereka membaca laporan kapal karam di BBC dan nu.nl, mereka sudah melihat pesan Facebook saya. Setelah tiga jam berlayar, saya diturunkan di sebuah hotel, di mana saya dapat menelepon mereka dan menceritakan keseluruhan kisahnya .”

Dua hari kemudian, dia berada di pesawat menuju Belanda. “Tanpa bagasi, karena saya kehilangan segalanya.”

Tangkap kehidupan

Seminggu setelah tiba di rumah, Els kembali ke ruang muridnya di Utrecht. “Tahun ajaran baru telah dimulai. Saya bisa saja tinggal di rumah, tetapi apa yang harus saya lakukan di sana?

Segalanya berjalan baik selama dua atau tiga bulan. “Kemudian pukulan itu datang. Saya sulit tidur, dan saya mulai bertanya-tanya mengapa saya masih hidup. Saya pikir saya seharusnya tidak berada di sini. Seharusnya saya sudah mati. Perasaan itu muncul secara tiba-tiba. Saya hanya menceritakan perasaan saya kepada keluarga saya.” dan keluargaku. Teman-teman setiaku, aku tidak ingin terlihat sebagai korban, dan ketika aku menjalani operasi lagi, aku punya pelatih dan keluargaku yang membantuku melewatinya.

READ  Laporan perjuangan kemerdekaan di Indonesia 'sepihak' | 1 Limburg

Jadilah orang pertama yang melewati garis finis

Contoh gambar mini

Berlari juga membantunya menjernihkan pikirannya. “Saya menikmati berlari, mematikan pikiran, dan melepaskan diri dari semua rangsangan di sekitar saya. Saat saya berolahraga, saya fokus pada alam dan alam terbuka.”

Dua tahun lalu, dia dan teman-temannya dengan bercanda mendaftar untuk mengikuti triatlon ke-1/8 di Amsterdam. Dia tidak berlatih dengan baik, tapi dia melewati garis finis terlebih dahulu. Setahun kemudian, dia mendaftar untuk Kejuaraan Ironman di Swiss. Secara mengejutkan, itu selesai dalam waktu kurang dari sepuluh jam, dan itu adalah waktu yang cepat.

Jadwal pelatihan sederhana

“Saya ingin terus mencari petualangan, untuk melihat sejauh mana saya bisa melangkah dengan tubuh saya. Saya pergi ke Australia untuk melakukan penelitian doktoral. Di sana saya menemukan pelatih yang baik.” Pelatih tersebut adalah Brett Sutton, yang juga melatih beberapa juara dunia Daniella Raife. Dia memiliki jadwal pelatihan sederhana di mana dia terkadang harus berolahraga 25 hingga 30 jam seminggu. “Memang sulit, tapi saya sangat menantikan untuk berenang, bersepeda, dan lari.”

Contoh gambar kecil

Karena apa yang Els lalui, dia tahu betapa kuatnya tubuhnya. “Selama balapan seperti ini, terjadi hal-hal yang tidak Anda rencanakan. Pada balapan Ironman sebelumnya, saya harus muntah sepanjang waktu saat berlari. Jika terjadi kesalahan dalam balapan seperti ini, saya memikirkan tentang perahu itu perjalanan: selalu bisa menjadi lebih “ekstrim”.

Kesempatan satu kali

Kehidupannya tidak bisa lagi dibandingkan dengan kehidupan mahasiswanya beberapa tahun lalu. “Aku menjadi kesepian, dan aku jarang bertemu teman-temanku.” Terkadang dia merindukan kesenangan dari klub tahunannya. “Mereka pergi berperahu dan minum, dan saya berbaring di tempat tidur pada jam 9 malam tanpa melakukan apa pun selain berlatih dan beristirahat.”

Namun, dia tidak akan melakukannya dengan cara lain. “Saya melihat apa yang saya lakukan sekarang sebagai kesempatan sekali seumur hidup. Sekarang saya bugar dan bisa bepergian dan berolahraga. Ini bukan masalah besar, tapi ini adalah sesuatu yang unik dan istimewa untuk Kejuaraan Dunia IRONMAN di Hawaii. Tidak mudah untuk lolos, tapi itu adalah tujuan yang bagus untuk dilatih. Saya telah menginvestasikan banyak waktu dalam studi saya dan akan memastikan saya mempertahankan pendaftaran saya sebagai dokter jentikan jariku sekali dan aku akan mendapatkan kehidupan lamaku kembali.”