BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Empat belas warga Yordania tewas saat menunaikan ibadah haji di Mekah, dan tujuh belas warga Yordania hilang

Empat belas warga Yordania tewas saat menunaikan ibadah haji di Mekah, dan tujuh belas warga Yordania hilang

Haji Tahunan bagi umat Islam

Berita Noos

Setidaknya empat belas warga Yordania tewas saat menunaikan ibadah haji di Arab Saudi. Hal ini dilaporkan oleh Kementerian Luar Negeri Yordania. Tujuh belas orang lainnya dari negara itu hilang. Menurut kementerian, semua korban meninggal karena serangan panas.

Cuaca sangat panas terutama di Mekah, tempat ibadah haji dilakukan Terjadi. Hari ini suhunya 42 derajat, dan besok diperkirakan suhu maksimal 47 derajat. Kementerian Kesehatan Saudi sebelumnya menyarankan pada hari Kamis untuk tinggal di rumah antara jam 11 pagi dan 3 sore karena suhu tinggi. Kementerian juga menyarankan untuk minum banyak air.

Sebelumnya, Kementerian Yordania melaporkan sedikitnya enam orang tewas akibat panas tersebut. Penyebab kematian korban lainnya belum dapat ditentukan. Tidak ada yang diketahui tentang orang Yordania yang hilang.

Dua juta jamaah

Haji adalah ziarah Islam tahunan yang berlangsung selama lima hari. Islam mengharuskan umat Islam yang berada dalam kondisi kesehatan yang baik dan mampu menunaikan ibadah haji untuk menunaikan ibadah haji sekali seumur hidup. Bagi umat Islam, haji merupakan waktu kontemplasi dan penebusan atas segala dosa yang dilakukan. Peziarah mengenakan jubah putih yang melambangkan kesetaraan. Tahun ini, setidaknya dua juta jamaah akan ikut menunaikan ibadah haji.

Di masa lalu, jumlah kematian saat haji lebih tinggi. Misalnya, 2.110 orang meninggal pada tahun 2015, sebagian karena penindasan.

READ  Burung kormoran akan membuat kehidupan pemburu sengsara. Tidak masuk akal, menurut para ahli ekologi