BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Erdogan memulai pembangunan Bosphorus alternatif, walikota berbicara tentang penipuan

Di Turki, Presiden Erdogan telah memberikan lampu hijau untuk membangun Kanal Istanbul, jalur air sepanjang 45 kilometer yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Marmara.. Langkah pertama dalam proyek tersebut, menurut Erdogan, adalah pembangunan jembatan sepanjang 840 meter yang akan menjadi bagian dari jalan raya delapan jalur baru di barat Istanbul. Saluran baru harus meringankan Bosphorus yang padat.

Walikota Istanbul berbicara tentang penipuan Erdogan. Jembatan dan jalan raya direncanakan, menurut Ekrem Imamoglu, bertahun-tahun sebelum kanal dibahas. Dengan menghubungkan jembatan ke kanal, Erdogan berusaha menghindari kehilangan muka, kata Imamoglu.

Terusan itu dianggap sebagai urusan gengsi bagi Erdogan, tetapi proyek itu telah tertunda beberapa kali karena kritik dan kemunduran ekonomi. Imamoglu mengatakan bahwa dengan dimulainya meriam hari ini, Erdogan memberikan kesan yang salah bahwa pembangunan kanal telah dimulai.

proyek gila

Erdogan mengusulkan gagasan untuk membuat saluran pada tahun 2011, menyebutnya sebagai “proyek gila” pada saat itu. Lawan Erdogan juga menganggap proyek itu gila, tetapi untuk alasan yang berbeda. Mereka mengatakan itu akan merusak lingkungan dan ekosistem, dan membahayakan pasokan air minum Istanbul.

grafik Kanal itu melintasi sebuah danau dari mana sebagian besar air minum Istanbul berasal. Jajak pendapat menunjukkan bahwa mayoritas penduduk Istanbul menentang proyek tersebut. Bank enggan mendanai karena kerusakan lingkungan yang diperkirakan.

Perjanjian Montreux

Erdogan menginginkan alternatif dari Bosphorus. Selat yang memisahkan bagian Eropa dari Istanbul bagian Asia adalah jalur laut yang sangat sibuk. Setiap tahun, 43.000 kapal melewati selat, sedangkan kapasitas aman sebenarnya hanya 25.000 kapal. Diperkirakan bahwa kapasitas tahunan 78.000 kapal akan dibutuhkan pada tahun 2050. Kanal Istanbul harus siap dalam waktu enam tahun.

READ  Assange kehilangan kewarganegaraan Ekuador: naturalisasi itu ilegal