BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Eropa dan Indonesia perkuat hubungan di forum bisnis

Para pemimpin dunia usaha dari Eropa dan Indonesia sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan penandatanganan delapan nota kesepahaman dan letter of mind terkait kerja sama bisnis di berbagai sektor, yang berlangsung pada acara pembukaan Indonesia-European Business Forum (IEBF) pada 17 Oktober 2023, bertempat di Gedung Pertemuan. Ritz-Carlton di Jakarta. Bidang kerja sama meliputi industri pariwisata, ekonomi kreatif, dan energi terbarukan.

  • IEBF menerima dukungan dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia Ini merupakan penggabungan dari dua acara sebelumnya, yaitu forum INA-Eropa dan INA-CEE (Indonesia-Eropa Tengah dan Timur), yang diadakan pada tahun-tahun sebelumnya.
  • Forum Bisnis Indonesia-Eropa rencananya akan menjadi acara tahunan yang bertujuan untuk mendorong perluasan nilai perdagangan dan investasi, serta menjajaki potensi peluang bisnis antara Indonesia dan negara-negara Eropa.
  • IEBF berhasil mempertemukan 138 tokoh bisnis dari 33 negara Eropa untuk berinteraksi dengan lebih dari 250 mitra Indonesia. Forum ini juga dijadwalkan akan memfasilitasi 100 pertemuan bisnis selama dua hari. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia, dengan tujuan keseluruhan untuk memperkuat hubungan perdagangan dan investasi dengan benua Eropa.

Pahala Mansouri, Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, pemasang iklan Saat pembukaan Forum IEBF, “Eropa merupakan mitra strategis Indonesia dan menawarkan potensi besar untuk kerja sama perdagangan yang saling menguntungkan.”

Sementara itu, Yuki Nugrahawan Hanafi, Pj Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia, menekankan dalam pidatonya bahwa “Eropa memberi kita keahlian teknologi dan kemampuan manufaktur yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi di Indonesia.”

READ  Menelepon dari nomor WhatsApp asing yang tidak dikenal: Bagaimana? - melunasi

IEBF juga memberikan kesempatan kepada sembilan perusahaan swasta dan BUMN Indonesia untuk mempresentasikan profil perusahaannya kepada audiens yang terdiri dari perwakilan, investor, pemimpin bisnis, kamar dagang dan industri, asosiasi dan organisasi dari negara-negara Eropa. Perlu diperhatikan di antara perusahaan yang menawarkan penawaran adalah kue singasariPerusahaan Baterai Indonesia, PLN Nusantara Power, dan Grup Melkor.