BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Film dokumenter Max Sweet India: Life Stories from the Dutch East Indies

Setelah Perang Dunia II, Indonesia merdeka dan Hindia Belanda tidak ada lagi. Setelah beberapa saat, sebagian besar orang Belanda tidak punya pilihan selain kembali ke tanah air mereka. Perjalanan satu arah ke Belanda seringkali menjadi satu-satunya pilihan bagi orang Indo-Eropa yang lahir di Hindia Belanda. Di India yang manis Kami mendengar kisah hidup orang-orang dari Hindia Belanda.

Rumah Tua Ruma Kita

Banyak orang Indo-Eropa yang lahir di Hindia Belanda sekarang menjalani tahun-tahun terakhir mereka di Ruma Kita, sebuah panti jompo India dan Maluku di Wageningen. Namun, kenangan mereka yang berharga, tetapi terkadang traumatis, tentang tanah air mereka menjadi semakin kabur dari waktu ke waktu.

Memori

Jadi staf panti jompo ini melakukan yang terbaik untuk merangsang ingatan penduduk Hindia Belanda. Makanan, warna, tanaman di taman, foto dan lukisan yang tergantung di seluruh panti jompo; Semuanya bernafaskan Hindia Belanda. Namun dalam praktiknya, musik, khususnya musik krontjong asli Indonesia, ternyata memiliki kemampuan untuk membangkitkan kenangan. Ajaibnya, gambar-gambar lama yang terlupakan dari masa lalu melekat pada nada khas Grondjong.

buruk

Hanya ada 1 band di Belanda yang memainkan groendjong asli, yaitu band Abadi. Alangkah indahnya jika staf Rumah Kita menampilkan ansambel Grondjong ini untuk penghuninya?

Dokumenter India yang manis Saksikan di NPO 2 on MAX pada hari Senin, 15 Agustus 2022 pukul 16.05.

READ  Transport Online - Perusahaan memulihkan lebih dari 1,5 juta euro uang curian