BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Film tentang fakta dan rumor dalam kasus pembunuhan Deventer: ‘Layar asap sengaja dibuat’

di sebuah penghukuman Sander Burger, 46, membongkar kasus pembunuhan Deventer dan sirkus media brutal yang mengikutinya. “Ini tentang menyanggah rumor ini sekali dan untuk selamanya.”

Dalam film fitur penghukuman Bahkan, itu melibatkan setidaknya tiga keyakinan. Pertama, kasus Ernst Lewis atas pembunuhan janda Wittenberg pada tahun 1999, yang kemudian dikenal dengan kasus pembunuhan Deventer. Lewis dijatuhi hukuman tiga belas tahun penjara pada tahun 2000.

Putusan ini ditangguhkan pada tahun 2003 dan kasus itu diperiksa kembali. Itu sudah dilaporkan secara luas di pers, tetapi kasus ini benar-benar menjadi sirkus media ketika Maurice de Hond mulai berpartisipasi dalam jajak pendapat sejak 2005. Dia melemparkan dirinya ke dalam kasus ini sebagai “warga negara yang peduli” dan menerima banyak perhatian media atas klaimnya. bahwa dia tidak melakukan pembunuhan itu, melainkan “tukang” Michael de Young.

Dan inilah giliran hukuman kedua: tuduhan de Hond ternyata benar-benar omong kosong, dan pada tahun 2009 dia dihukum karena pencemaran nama baik. Tetapi kerusakan telah terjadi: sementara detail kasus telah lama menghilang, “tukang” tetap dalam ingatan publik sebagai pelakunya.

Ini adalah keyakinan ketiga, dan keyakinan bahwa film Sanderburger benar-benar tentang. Bukan hukuman yudisial, tetapi keputusan mengelak berdasarkan a Percobaan oleh media. Seperti yang juga dikatakan Burger saat itu. “Ini juga luar biasa, tentu saja: orang ini tidak melakukan itu. Saya sangat setuju dengan seluruh sirkus yang dibuat Maurice de Hond pada waktu itu.”

pedesaan

Hanya ketika dia membaca buku itu atas saran dari produser Yoram Willink Kasus pembunuhan Deventer: Plot pecah Oleh jurnalis Bas Hahn, mata Burger terlepas dari timbangan. “Saya merasa sangat terganggu,” katanya. “Dia sangat licik, seluruh kampanye ada di belakangnya; layar asap sengaja dibuat.”

Han (diperankan oleh Fedja van Huêt dalam film tersebut) adalah salah satu yang pertama memberi De Hond panggung di acara urusan terkini. jaringanPada awalnya, dia juga percaya pada kepolosan Lewis. Tapi kemudian dia menyaksikan dengan sedih ketika sirkus media berlangsung dan fakta-fakta menjadi semakin tidak terlihat. Buku ini adalah upayanya untuk memperbaiki ini, dan juga merupakan titik awal film untuk Burger dan rekan penulisnya Bert Boma.

Draf pertama naskah adalah tentang Han dan penyelidikannya atas kasus tersebut. Itu berubah setelah pembuat film bertemu Michael de Young dan pacarnya, Mikey Watermans. Penggalian Han masih menjadi garis utama film ini, tetapi terutama di paruh kedua film penghukuman Kisah De Jong dan Witterman muncul di latar depan; Mereka digambarkan secara supernatural oleh Jorick van Wageningen dan Lise Fischedek.

“Sampai saya pertama kali bertemu Michelle dan Mike, ‘tukang’ tidak benar-benar memiliki wajah,” kata Burger. “Hanya ada satu gambar di internet, ‘tukang’ ini hampir merupakan hal yang abstrak. Tapi tiba-tiba ada seseorang yang duduk di depan saya, seseorang benar-benar terluka. Semakin saya mendengar cerita mereka, semakin saya merasa: Di sinilah drama nyata adalah.” Tentang masalah ini penting, tetapi tidak emosional. Bass hanya melakukan pekerjaannya, bukan hidupnya atau keluarganya yang dipertaruhkan. Itulah yang terjadi dengan Michaël dan Meike, hidup mereka hancur begitu saja, dan terus berlanjut sampai hari ini.”

bahan arsip

penghukuman Ini dimulai dengan kartu judul yang melampaui “berdasarkan kebenaran,” dan membuatnya sangat jelas bahwa semua fakta dalam film itu benar. “Tentu saja, itu membuat kami sangat rentan,” Berger setuju. “Produser terus-menerus bingung tentang bagaimana kami bisa menjelaskan ini secara legal. Tapi itu penting karena sebagian darinya adalah tentang menghilangkan rumor ini untuk selamanya.”

Direktur menegaskan bahwa direktur telah melakukan tugasnya. Ada banyak film yang dimulai denganBerdasarkan kisah nyata‘Dan jika Anda melihatnya, ternyata hanya nama karakter utama yang benar. Kami hanya tidak mengizinkan diri kami untuk; Ketika datang ke fakta-fakta kasus, semuanya masuk akal. Tentu saja, kami menuangkannya ke dalam sebuah cerita dan membuat dialog di sana-sini. Ini adalah fantasi. Tapi intinya benar.”

Cara paling jelas untuk menekankan hal ini dalam film adalah bahwa tidak ada aktor yang dipekerjakan untuk memerankan Maurice de Hond. Semua yang kita lihat dia katakan, kita lihat dalam bahan arsip dari banyak wawancara dan talk show di mana dia berbicara tentang kasus tersebut. “Jika Anda membiarkan seorang aktor memainkannya, Morris dapat dengan mudah mengklaim bahwa dia tidak mengatakan hal-hal seperti itu,” jelas Burger. “Sekarang jelas: itu benar-benar apa yang dia katakan, itu keluar dari mulutnya, dan tidak ada yang dirusak. Apa yang Anda lihat benar-benar mirip dengan apa yang dilihat seluruh orang Belanda di TV saat itu.”

Ini yang paling penting karena De Hond terus mencari berita terkait kasus tersebut, dan dia terus membela Louwes tidak bersalah. “Meskipun tidak ada yang terungkap sejak hukuman pencemaran nama baik, itu belum benar-benar dibahas dalam kasus pengadilan,” desah Berger. “Ini semua anggur lama dalam botol baru. Bagaimanapun, ini adalah kampanye yang ditujukan untuk kepolosan Lewis. Kami membuat film tentang kepolosan tukang dan tentang tanggung jawab jurnalistik. Itu intinya: seorang jurnalis yang salah menilai dan kemudian mencoba mengoreksi itu, dan seseorang yang hidupnya hancur berdasarkan berita palsu.” dan fakta yang dibuat-buat.

Sutradara Sander Burger.foto di Brunopress

Burger Sander

Sander Berger lahir pada tahun 1975 di Pantai Gading. Dia lulus dari Akademi Film pada tahun 2001 dalam produksi, tetapi kemudian beralih ke penyutradaraan. Setelah beberapa film pendek, ia membuat debut film fiturnya pada tahun 2006 dengan Oliver dll.Dalam kolaborasi erat dengan aktor Dragan Pakima dan Maria Krakman. Ketiganya bekerja sama lagi untuk Memancing dan seng. (2009). Sementara itu buat burger Banman, irama telapak tangan (2008), film fitur pertama yang dibuat di pulau Sint Maarten. Film dokumenter full-length pertamanya saya Alice (2015), tentang penggunaan robot dalam perawatan lansia, memenangkan banyak penghargaan di festival internasional.

penghukuman Itu bisa dilihat di Arena, City, Filmhallen, Kriterion, Het Ketelhuis dan Tuschinski

READ  Pasar Elektronik Konsumen dan Peralatan Rumah Tangga Global (2021 hingga 2026)