BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Fosil Mosasaurus ditemukan di Maroko, dengan ‘gigi obeng’ yang belum pernah terlihat sebelumnya

Fosil Mosasaurus ditemukan di Maroko, dengan ‘gigi obeng’ yang belum pernah terlihat sebelumnya

21 Mei 2023 – 20.00 – Maroko

©

Sebuah tim peneliti Inggris telah menemukan spesies baru mosasaur di Maroko, kadal laut raksasa dari zaman dinosaurus, yang terkenal dengan gigi berbentuk bintang yang unik.

Stelladens misteriiosus. Itulah nama spesies baru mosasaur, kadal laut era dinosaurus dengan gigi berbulu aneh yang tidak seperti reptil lain yang dikenal, lapor University of Bath. Spesies ini berasal dari Maroko pada akhir periode Cretaceous (sekitar 145 hingga 66 juta tahun yang lalu) dan berukuran dua kali ukuran lumba-lumba. Itu memiliki susunan gigi yang unik, dengan tonjolan di sepanjang gigi dalam bentuk bintang, mengingatkan pada obeng berbentuk salib, menurut diinformasikan setiap hari.

Baca juga: Nenek Moyang ‘Neural’ Buaya Air Asin Purba Ditemukan di Maroko

Peneliti utama, Dr. Nick Longerich, ahli paleontologi di Pusat Evolusi Milner University of Bath. Itu tidak terlihat seperti mosasaur, reptil, atau vertebrata lain yang pernah kita lihat sebelumnya. “Saya telah mengerjakan Mosasaurus di Maroko selama lebih dari 20 tahun dan belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Saya kagum dan senang,” kata Dr. Nathalie Bardi, spesialis reptil laut di National Museum of Natural History di Paris.

Ini dan penemuan terbaru lainnya dari Afrika menunjukkan bahwa reptil laut dan reptil laut lainnya berkembang pesat hingga sekitar 66 juta tahun yang lalu, ketika mereka punah setelah tumbukan asteroid yang juga memusnahkan dinosaurus dan sekitar 90% dari semua spesies di Bumi.

Baca juga: Penemuan situs fosil penting di Maroko

“Hewan-hewan itu telah menghasilkan kejutan yang luar biasa: mosasaur dengan gigi tersusun seperti gergaji, kura-kura dengan snorkel, banyak vertebrata dengan berbagai bentuk dan ukuran, dan sekarang mosasaur dengan gigi berbentuk bintang.” Penemuan Stelladens menunjukkan bahwa bahkan setelah bertahun-tahun mencari fosil dari Maroko, wilayah tersebut masih kaya akan spesies baru yang menunggu untuk ditemukan. “Situs-situs di Maroko menawarkan gambaran keanekaragaman hayati yang luar biasa sebelum Krisis Besar di akhir Zaman Kapur,” kata Noureddine Jalil, seorang profesor di Museum Nasional Sejarah Alam dan peneliti di Universitas Cadi Ayyad. Maroko.

READ  TCL menghadirkan tablet 10,1 inci dengan layar cermin dan smartphone baru ke Benelux - Komputer - Berita