BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

G7 mewakili nilai-nilai demokrasi

Struktur kelompok ini tentu tidak seimbang. Ini signifikan di negara-negara Eropa dengan tiga anggota Uni Eropa saat ini dan anggota terakhir, Inggris. Selain itu, meskipun UE bukan anggota, UE menghadiri pertemuan G7.

Di masa lalu, banyak upaya telah dilakukan untuk memperbaiki anggota yang aneh ini. Pada tahun 1997, Rusia diakui sebagai upaya untuk memperkuat demokrasi barunya dan membawanya ke pangkuan Barat. Jadi G7 menjadi G8. Tetapi Rusia diusir pada tahun 2014 sebagai tanggapan atas pencaplokan Krimea, dan kembali ke G8G7.

Sementara kebutuhan sistem politik anggota untuk menjadi demokratis dipertahankan, banyak negara lain harus dimasukkan.

Kelompok demokrasi lainnya disebut G10, dan termasuk G7 dan Australia, India dan Korea Selatan. Ketiga negara telah diundang untuk menghadiri KTT G7 akhir pekan ini.

Selama krisis keuangan global, upaya dilakukan untuk mengkoordinasikan tindakan global untuk menghadapi konsekuensi ekonomi dari krisis melalui badan yang sangat besar yang disebut Kelompok Dua Puluh. Kelompok itu termasuk G10 Plus Argentina, Brasil, Cina, Indonesia, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, dan Uni Eropa. Ini mewakili 80% dari PDB dunia.

G-20 menghadiri konferensi London 2009 yang diselenggarakan oleh Perdana Menteri Inggris saat itu Gordon Brown, Spanyol, Belanda dan sejumlah organisasi internasional.

READ  Buaya prasejarah terbesar yang pernah ditemukan di Australia