BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gambar baru Mars dari Zhurong Rover China

pada 14 MeikesepuluhPada tahun 2021, Badan Antariksa Nasional China (CNSA) mencapai tonggak penting lainnya ketika Tianwen-1 Probe berhasil mendarat di Mars, menjadikan China negara kedua di dunia yang mendaratkan misi di Mars dan menjalin komunikasi dari permukaan. Tak lama kemudian, Badan Antariksa Nasional China (CNSA) membagikan gambar pertama yang diambil oleh pendarat Tianwen-1.

Pada 22 Mei Maysingkatan kedua, 2021, Rover Zurong Dia turun dari pendarat dan melaju ke permukaan Mars untuk pertama kalinya. Sejak itu, rover telah menghabiskan 63 hari di Bumi melakukan operasi sains di Mars dan telah melakukan perjalanan lebih dari 450 meter (1.475 kaki). Di Jumat 9 Julidan lagi 15 Juli, CNSA telah merilis gambar baru planet merah yang diambil oleh rover saat melintasi permukaan.

Sejak rover dikerahkan ke permukaan Mars, ia telah melakukan perjalanan ke selatan untuk menjelajahi dan memeriksa medan dan mengambil gambar harian bebatuan, bukit pasir, dan fitur lainnya menggunakan Kamera Navigasi dan Topografi (NaTeCam). Sementara itu, instrumen lain – seperti Mars Penetrating Radar (RoPeR), Mars Magnetometer (RoMAG) dan Mars Climate Station (MCS) – juga mengumpulkan data tentang medan magnet, cuaca, dan bawah permukaan Mars.

Setiap kali rover menemukan bentuk yang menonjol dari Bumi, ia bergantung pada Mars Surface Composite Detector (MarSCoDe) dan Multispectral Camera (MSCam) untuk melakukan pemindaian titik tetap untuk menentukan komposisinya. Di antara gambar-gambar baru adalah dua batu Mars yang ditunjukkan di atas (courtesy of CNSA melalui Xinhuanet) yang mengungkapkan fitur tekstur bebatuan, lapisan debu tebal yang menutupinya, dan kesan yang ditinggalkan oleh alur rover.

Gambar lain (ditampilkan di bawah, juga dari CNSA melalui Xinhuanet) Termasuk bidikan lanskap oleh Zhurong pada 26 Junikesepuluh42. Penjelajahsingkatan kedua Hari ini di Mars (Sol 42). Pada hari ini, rover mencapai area berpasir dan mengambil gambar gundukan pasir merah yang terletak sekitar 6 meter (20 kaki). Seperti yang Anda lihat (gambar galeri atas), bukit pasir ini memiliki beberapa batu besar yang tersebar di sekitarnya, dan batu-batu besar yang berada tepat di depan Zhurong memiliki lebar 34 cm (13,4 in).

READ  Foto menakjubkan stasiun luar angkasa saat matahari terbit ini akan memukau Anda

Foto berikut (kiri bawah) diambil pada 4 Juli JulykesepuluhZhurong 50kesepuluh Suatu hari di Mars (SOL 50), setelah rover meluncur ke sisi selatan bukit pasir – yang panjangnya 40 meter (130 kaki), panjang 8 meter (26,25 kaki) dan tinggi 0,6 meter (2 kaki). Gambar lanskap kelima dan terakhir (kanan bawah) diambil saat rover Zhurong berada dalam jarak 210 m (690 kaki) dari lokasi pendaratan dan 130 m (~425 kaki) dari penutup belakang dan kanopi rover.

Komponen-komponen ini adalah bagian dari modul masuk, turun, dan mendarat (EDL) dari misi Tianwen-1. Sementara penutup belakang memastikan bahwa penjelajah dan pendarat dapat dengan aman transit melalui ruang angkasa yang dalam dan bertahan dari penerbangan yang bergejolak melalui atmosfer Mars, parasutlah yang memungkinkan pendaratan terkendali melalui atmosfer sehingga mereka dapat mendarat dengan mudah.

Komponen-komponen ini hanya terlihat di sudut kanan atas gambar atas sementara sekelompok batu dari berbagai bentuk terlihat di sebelah kiri. Gambar baru yang diperoleh oleh rover dirilis pada 15 Julikesepuluh, 2021, yang menunjukkan rover memeriksa penutup belakang dan kanopi dengan cermat (lihat di bawah). Gambar pertama (kiri atas) diperoleh tiga hari lalu dan menunjukkan dua komponen ini di sisi kiri rover saat melanjutkan patroli ke selatan.

Seperti yang ditunjukkan oleh CNSA dalam a jumpa pers Dirilis dengan gambar:

“Foto menunjukkan tampilan penuh parasut dan seluruh bagian belakang setelah ablasi aerodinamis. Struktur kap mesin, palka penggerak pengatur posisi pada penutup belakang dapat dikenali dengan jelas, rover berjarak sekitar 30 meter dari penutup belakang dan sekitar 350 meter. dari lokasi pendaratan selama pembuatan film.”

Gambar kedua dan ketiga (hitam dan putih) diambil dengan kamera penghindar rintangan depan dan belakang saat rover mendekat dan keluar dari penutup belakang dan meluncur. Gambar keempat menunjukkan parasut yang dipasang saat pesawat itu turun di atas Utopia Planetia (tempat ia mendarat) pada 15 Mei.kesepuluh. Sampai sekarang Gambar lain Itu dirilis oleh CNSA pada hari berikutnya, yang menunjukkan situs pendaratan Tianwen-1.

READ  Komet terbesar yang diketahui sedang menuju cukup dekat dengan kita untuk terlihat

Gambar ini ditangkap oleh elemen orbit misi pada 2 Juni.singkatan keduaHari setelah kapal pendarat dan kendaraan mendarat dengan selamat. Probe, rover, kanopi, penutup belakang, dan pelindung panas semuanya ditandai dengan warna putih. Dua titik putih di sudut kanan atas adalah probe dan rover, kanopi dan penutup belakang hampir tepat di bawahnya (tanda putih memanjang adalah saluran) sedangkan pelindung panas ada di kanan bawah.

Misi Tianwen-1 adalah bulu di sampul CNSA, dan bukan hanya karena itu adalah misi pertama China ke Mars. Dengan berhasil menyebarkan misi ini, China menjadi negara pertama yang mencapai Mars dengan misi yang mencakup pengorbit, pendarat, dan penjelajah elemen. Sebelum itu, setiap badan antariksa yang sukses mulai mengirimkan misi robotik ke Mars dengan pengorbit, diikuti dengan misi permukaan – pendarat terlebih dahulu, kemudian pendarat dengan kendaraan penjelajah.

Selanjutnya, rover Zhurong menjadikan Cina negara kedua di dunia (setelah Amerika Serikat) yang mendarat dan mengoperasikan rover di Mars. Ini akan diikuti dalam waktu dekat oleh penjelajah Rosalind Franklin (bagian dari program ExoMars ESA-Roscosmos), yang akan diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur sekitar September ini dan diharapkan mencapai Mars pada 10 Juni.kesepuluh, 2023.

Misi-misi ini akan membantu membuka jalan bagi eksplorasi manusia, yang sekarang diharapkan dilakukan oleh China (bersama dengan NASA) selama tahun 2030-an. Sama seperti semua misi bulan berawak yang direncanakan dalam waktu dekat, eksplorasi manusia di Mars diharapkan menjadi urusan multinasional!

Awalnya Diposting di alam semesta hari ini.