BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bulan menghilangkan matahari dalam citra satelit yang menakjubkan dari gerhana matahari total

oleh

4 Desember 2021

Satu-satunya gerhana matahari total tahun 2021 terlihat dari Antartika, di mana bulan menghalangi matahari selama sekitar dua menit.

Pada 4 Desember 2021, beberapa orang di Antartika disuguhi pemandangan yang jelas dari gerhana matahari total, satu-satunya yang terjadi pada tahun 2021. Gerhana sebagian terlihat di belahan bumi selatan lainnya. Gerhana total pada 07:44 UTC dan berlangsung hanya di bawah dua menit, menggelapkan langit Antartika musim panas pada saat matahari berada di atas cakrawala selama beberapa bulan.

gerhana matahari total 2021

Selama gerhana matahari total, Matahari, Bulan, dan Bumi berbaris dalam urutan ini, dengan Bulan di antara Matahari dan Bumi. Bulan memberikan bayangan di atas sebagian permukaan bumi. Bagi orang-orang yang berada di tengah bayang-bayang bulan, matahari tertutup sebagian atau seluruhnya dari pandangan dan langit menjadi sangat gelap. Pemirsa dengan langit cerah dan peralatan atau kacamata yang sesuai seringkali dapat mengamati atmosfer luar matahari atau korona. Biasanya, itu dikaburkan oleh kecerahan permukaan Matahari.

Gambar di atas diperoleh selama gerhana oleh Earth Polychromatic Imaging Camera (EPIC) di atas Deep Space Climate Observatory (DSCVR). Satelit memiliki pandangan global konstan Bumi dari lokasinya di Lagrange Point 1, titik gravitasi stabil antara Matahari dan Bumi 1,5 juta km dari Bumi. Dalam pandangan ini, diperoleh pada 07:58 UTC, bayangan bulan terlihat jatuh di atas Antartika.

Gambar berwarna natural di bawah ini diperoleh oleh Operational Land Imager (OLI) pada satelit Landsat 8 masing-masing pada tanggal 15 Desember 2019 dan 4 Desember 2021. Kedua gambar menunjukkan Pegunungan Pensacola, di sebelah selatan Rak Es Ron. Gambar Desember 2021 diperoleh pada 07:37 UTC, beberapa menit sebelum gerhana mencapai puncaknya. Perhatikan sedikit perbedaan dalam jumlah kegelapan dari selatan ke utara, karena lereng yang menghadap ke selatan menerima sedikit sinar matahari dari cakrawala.

READ  China mengembangkan Megaship 'Ultra Huge' senilai $2,3 Juta dengan panjang mil

Gerhana matahari total di daerah kutub jarang terjadi karena melibatkan lebih sedikit daratan dan karena matahari hanya menyinari setiap kutub selama sebagian tahun. NS Gerhana matahari total terakhir di Antartika Ditandatangani pada November 2003. Berikutnya akan terjadi pada Desember 2039.

2 jam Video Dari gerhana matahari total – seperti yang terlihat dari Union Glacier, Antartika – itu mengalir NASA TELEVISI. Difilmkan oleh anggota Ekspedisi Antartika JM Pasachoff, yang juga mengumpulkan data Aktivitas listrik di ionosfer selama gerhana.

Gambar NASA disediakan oleh tim DSCOVR EPIC. Gambar NASA Earth Observatory oleh Joshua Stevens, menggunakan data Landsat dari US Geological Survey.