BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gempa California secara misterius didahului oleh pergeseran medan magnet bumi: ScienceAlert

Gempa California secara misterius didahului oleh pergeseran medan magnet bumi: ScienceAlert

Ketika gempa bumi berikutnya terjadi di suatu tempat di seluruh dunia, itu akan tiba tanpa peringatan, menghancurkan infrastruktur dan membahayakan nyawa.

Namun, selama hari-hari menjelang peristiwa tersebut, kekuatan geologis raksasa memang akan bertindak, untuk memutar kerak dengan cara yang halus yang secara teori dapat memprediksi bencana berikutnya.

Salah satu tanda yang mungkin dapat mencakup kilatan di medan magnet yang membelokkan dan mengalir di sekitar planet kita. Selama beberapa dekade, para peneliti telah memperdebatkan manfaat mencari tanda-tanda magnetik dari getaran yang akan datang, karena kurangnya bukti yang meyakinkan.

Sebuah studi kasus baru dikendalikan oleh Pencari Gempasebuah proyek penelitian manusia dalam perusahaan layanan rekayasa sistem Stellar Solutions, bekerja sama dengan tim Google Accelerated Science, menyimpulkan bahwa mungkin ada alasan bagus untuk melanjutkan penelitian.

Presentasi pembelajaran mesin Untuk pengukuran berbasis tanah dari perubahan magnetik lokal menjelang sejumlah gempa bumi penting di California antara 2005 dan 2019, para peneliti menemukan tanda-tanda pola yang memerlukan studi lebih lanjut.

Ini tidak berarti bahwa efek yang mereka amati dapat digunakan untuk memprediksi gempa bumi, tetapi tetap merupakan pengantar yang bagus untuk studi masa depan.

“Kami tidak mengklaim bahwa sinyal ini ada sebelum setiap gempa bumi,” Direktur QuakeFinder Dan Schneider Joshua Rap berkata untuk BELAJAR di EOS.

Namun, hasilnya bisa cukup untuk menjaga topik kontroversial prediksi elektromagnetik dari tremor besar tetap hidup sedikit lebih lama.

Hipotesis di balik fluktuasi hipotetis dalam medan magnet sebelum gempa bumi tampaknya cukup masuk akal. Beberapa berpendapat bahwa penumpukan besar tekanan di kerak sebelum gempa bumi bisa, secara teori, Mengubah sifat lapisan batuan cukup untuk mempengaruhi konduktivitasnya.

READ  Langit malam minggu ini

Studi lain mengisyaratkan kantong gas terperangkap Mereka menumpuk sebelum dilepaskan menciptakan arus listrik yang diperlukan untuk mempengaruhi aktivitas magnetik.

Mendeteksi pergeseran frekuensi ultra-rendah yang dihasilkan di medan magnet akan memberi peringatan kepada pihak berwenang bahwa sesuatu yang besar akan meledak, memberikan waktu untuk bersiap dengan cara yang sama seperti yang mungkin dilakukan masyarakat untuk badai yang sedang tumbuh.

Sayangnya, apa yang tampak seperti ide yang menjanjikan menghadapi sejumlah rintangan dalam implementasinya.

Untuk satu hal, banyak hal dapat membuat osilasi frekuensi rendah di tempat lokal dalam medan magnet. Peningkatan lalu lintas di sekitar atau pergeseran kecil dalam aktivitas matahari dapat menimbulkan kebisingan yang dapat dianggap sebagai gangguan geologis.

Menguraikan sinyal yang dapat diandalkan dari kebisingan ini membutuhkan peralatan pengukuran yang akurat di lokasi tetap di dekat getaran besar. Bahkan jika ini terjadi, gempa bumi yang cukup dengan ukuran yang sesuai perlu dicatat untuk sampel statistik.

Dengan situs pencarian yang hampir tidak berfungsi di seluruh California, Quakefinder berada dalam posisi yang kuat untuk mengatasi rintangan ini.

Magnetometer yang terkubur di berbagai lokasi penelitian memberi para peneliti sejumlah besar data tentang gempa bumi yang lebih besar dari 4,5 magnitudo.

Setelah memilih gempa bumi yang pengukurannya diambil dari dua situs terdekat, dan mengecualikan pasangan situs tanpa rekaman yang tepat, para peneliti dibiarkan dengan 19 pengukuran gempa.

Sampel ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yang satu berfungsi sebagai dasar untuk studi pembelajaran mesin yang mencoba memilah pola yang mungkin dari efek yang diketahui, dengan kelompok kedua berfungsi sebagai tes untuk setiap penemuan potensial.

Rasio signal-to-noise yang ditentukan proses yang dikonfirmasi dalam percobaan tidak sepenuhnya kuat. Seperti yang diakui para peneliti, laporan yang diterbitkanAnomali elektromagnetik yang terbukti sebelum gempa bumi “dapat diamati, didokumentasikan, dan diterima jauh lebih awal” dalam penyelidikan sebelumnya.

READ  Hewan berbicara. maksudnya itu apa?

Tetapi mereka menunjukkan bahwa sesuatu yang menarik terletak pada kilatan elektromagnetik seperti tangisan mencurigakan dalam badai hujan, yang bisa saja hadir tiga hari sebelum gempa. Menyesuaikan metode para peneliti dengan sampel yang lebih besar mungkin dapat menentukan apa yang terjadi.

Jika studi di masa depan mencapai dengungan yang andal tentang malapetaka yang akan datang di medan magnet satu wilayah, itu mungkin bukan nada global, dan memerlukan pengujian lebih lanjut di beberapa lokasi di seluruh dunia.

Saat ini, gagasan untuk menggunakan perubahan kecil di medan magnet planet untuk memprediksi getaran masih diperdebatkan. Namun, didukung oleh temuan-temuan seperti ini, penyelidikan lebih lanjut pada akhirnya dapat mengungkapkan bisikan rahasia dari sebuah kesalahan pada titik puncaknya.

Penelitian ini dipublikasikan di Jurnal Penelitian Geofisika: Bumi Padat.