BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gunung berapi Indonesia memuntahkan abu dan batu

© AP

Sumber: Belgia

Dua gunung berapi meletus di Indonesia.

Di Pulau Soematra, Sinabung mengeluarkan awan abu setinggi 5 kilometer, menurut survei geologi. Selain itu, aliran lahar juga terkuras dari gunung berapi, campuran batu, gas, dan abu yang sangat panas. Menurut laporan awal, tidak ada korban jiwa atau kerusakan.

Gunung berapi ini memiliki ketinggian 2.460 meter dan terletak sekitar 50 kilometer barat daya ibukota daerah Medan. Sejak 2010, telah terjadi letusan gunung berapi secara teratur, di mana puluhan ribu orang harus diangkut ke tempat yang aman. Letusan besar pada tahun 2014 dan 2016 menewaskan lebih dari 20 orang.

Pihak berwenang mengatakan bahwa Gunung Merapi di Pulau Jawa kembali mengeluarkan abu dan batuan yang tumpah hingga dua kilometer di sisi barat daya gunung tersebut. Merapi, dengan ketinggian sekitar 3.000 meter, adalah gunung berapi paling aktif di Indonesia, terletak sekitar 35 kilometer sebelah utara Yogyakarta. Lebih dari 340 orang tewas dalam letusan dahsyat pada 2010.

Indonesia terletak di apa yang disebut Cincin Api Pasifik, yang dikenal dengan gempa bumi dan letusan gunung berapi yang teratur. Negara kepulauan ini memiliki sekitar 130 gunung berapi aktif.

READ  MOA MOA di Amsterdam: tiki bar kontemporer