BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gunung Berapi Ruang di Indonesia Meletus, Ribuan Orang Mengungsi | berita RTL

Gunung berapi Ruang di Sulawesi Utara telah aktif selama beberapa waktu dan minggu lalu mengalami letusan besar. Pihak berwenang kini mengevakuasi sekitar 11.000 orang setelah beberapa ledakan.

Peringatan tsunami telah dikeluarkan dan Bandara Internasional Manado ditutup. Beberapa orang pasti sudah melarikan diri karena panik. Wisatawan diminta menjauh.

Batu yang berjatuhan

Pekan lalu, 800 orang dipindahkan ke pulau terdekat, Dagulandong sebagai tindakan pencegahan, namun evakuasi kini juga sedang dilakukan di sana.

Ruang Gunung Berapi mengeluarkan aliran lava.Gambar © AFP
Ruang Gunung Berapi mengeluarkan aliran lava.

Rumah-rumah di Thagulanthang rusak akibat jatuhnya batuan vulkanik. Pihak berwenang memindahkan warga dan tahanan dari pulau tersebut dan membawa mereka dengan perahu ke Likubang.

Lalu lintas udara dihentikan

Letusan tersebut juga menghentikan lalu lintas udara di Bandara Internasional Manado, sekitar 100 kilometer dari gunung berapi. Ada kekhawatiran abu vulkanik bisa membahayakan penerbangan.

Prajurit Indonesia membawa bingkisan sembako untuk warga yang dievakuasi.Gambar © AFP
Prajurit Indonesia membawa bingkisan sembako untuk warga yang dievakuasi.

Topan Ruong telah meletus beberapa kali dalam beberapa hari terakhir. Gunung berapi yang terletak di pulau terpencil di bagian utara Indonesia ini terus mengeluarkan asap hingga saat ini.

Petugas penyelamat menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi orang-orang di dekat gunung berapi. Mereka telah meminta lebih banyak perahu untuk mempercepat operasi penyelamatan.

Di atas Ruang Gunung Berapi langit berubah menjadi merah dan unguGambar © AFP
Di atas Ruang Gunung Berapi langit berubah menjadi merah dan ungu

Sudah memiliki aplikasi RTL News & Entertainment?

Ya? Kami senang tentang hal itu!
Belum? Unduh di sini Android Dan iOS.

READ  Laporan hari ini | Minggu kerja dan belajar enam hari mahasiswa kerja Indonesia di Assen bersifat eksploitatif