The news is by your side.

Guru TK Diingatkan Tetap Menerima Siswa Anak Berkebutuhan Khusus

0

Oleh: Riki Z   |

Balicitizen.com, Denpasar – Memasuki tahun ajaran baru nanti, setiap jenjang sekolah akan membuka pendaftaran baru, tak terkecuali tingkat taman kanak-kanak. Para guru juga diingatkan untuk menerima siswa berkebutuhan khusus dan melindunginya dari perlakuan diskriminatif.

Pada Selasa tadi pagi digelar Peringatan HUT ke-69 IGTKI PGRI Bali yang berlangsung di sisi timur Lapangan Puputan Margarana Niti Mandara Denpasar.

Terkait dengan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini, memaknai HUT ke-69 IGTKI PGRI,  Penasehat Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI PGRI) Provinsi Bali Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati mengharapkan Guru TK  melakukan terobosan dan perubahan dalam pengelolaan pembelajaran sesuai acuan yang telah ditentukan. “Saya harapkan para guru membimbing dan melatih anak-anak dengan tulus iklas, memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak seoptimal mungkin sebagai individu yang khas dan unik sesuai dengan irama perkembangan anak,” urainya.

Pada bagian lain, sesuai amanat UU Sisdiknas, satuan pendidikan TK juga diingatkan agar menerima anak berkebutuhan khusus sebatas kapasitas yang dimiliki dengan tetap menjamin hak-hak anak yang bersangkutan untuk bergaul dengan sesama peserta didik, secara wajar, serta terlindungi dari perlakuan diskriminatif, baik dari peserta didik lain, pendidik maupun orang dewasa.

Ia menyampaikan bahwa umur 0-6 tahun merupakan masa keemasan dalam perkembangan anak-anak. “Periode usia ini merupakan masa peka di mana fungsi-fungsi fisik dan psikis anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi anak,” urainya.

Periode ini juga merupakan peletakan dasar pertama dalam pengembangan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial, emosional, disiplin, kemandirian, moral, nilai agama dan seni. Dengan demikian, menurutnya, pendidikan anak usia dini sangat menentukan perkembangan anak pada periode berikutnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.