BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hubert Smits: “Perang di Ukraina sedang mengalami fase yang menentukan tahun ini, namun Uni Eropa hampir tidak menyadarinya”

Hubert Smits: “Perang di Ukraina sedang mengalami fase yang menentukan tahun ini, namun Uni Eropa hampir tidak menyadarinya”

Tahap kritis

Menurut Hubert Smits, poin terpenting saat ini adalah membahas aset negara Rusia yang telah dirampas. Jumlahnya sekitar 300 miliar euro, dan sekitar 211 miliar di antaranya berada di Eropa. “Ini bukan jumlah yang kecil dan pertanyaannya sekarang adalah: Apa yang kita lakukan dengannya? Apakah kita membiarkannya di rekening dan mengumpulkan bunga, atau apakah kita benar-benar akan mengambilnya dan menggunakannya, misalnya untuk mendukung Ukraina? ” ?

Diskusi ini telah berlangsung selama beberapa waktu. Mengapa jumlah sebesar ini tidak digunakan untuk kepentingan Ukraina? Apalagi sekarang dukungan finansial dari Amerika Serikat masih belum pasti? Smits: “Masyarakat di Eropa khususnya masih ragu-ragu mengenai hal ini, karena mereka takut hal ini akan menjadi preseden. Mereka khawatir akan iklim investasi di Eropa. Negara-negara ini akan enggan berbisnis di sini jika aset-aset negara bisa disita. Tapi ada adalah alasan lainnya.” Yang tidak terlalu muluk-muluk, masyarakat Eropa masih percaya bahwa kita tidak boleh sepenuhnya mengasingkan Rusia. Kita mungkin menyadari bahwa perang di Ukraina sedang memasuki fase yang menentukan tahun ini, dan bahwa dampaknya juga akan menentukan. Sebagai untuk masa depan Uni Eropa sendiri, saya punya firasat “Kesadaran ini tidak banyak dirasakan di Brussel.”

READ  Beberapa pekerja bantuan yang terluka, investigasi kebrutalan polisi dalam protes Prancis | di luar