BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hujan Meteor Delta Aquariids: kapan dan bagaimana menonton

Ketika bumi berputar mengelilingi matahari, ia bertemu Orbit komet yang tidak seimbang, yang permukaan esnya meninggalkan debu dan bebatuan saat mendidih dari panasnya matahari. Ketika batuan ruang angkasa ini jatuh ke atmosfer kita, “hambatan – atau hambatan – dari udara di atas batu membuatnya sangat panas,” menurut NASA. “Apa yang kita lihat adalah ‘meteor’. Garis terang ini sebenarnya bukan batu, melainkan udara panas dan bercahaya saat batu panas menembus atmosfer. Ketika Bumi bertemu banyak meteor sekaligus, kita menyebutnya hujan meteor. ”
Diduga asalnya Komet 96P Machholz, hujan meteor delta selatan terjadi kapan saja antara 12 Juli dan 23 Agustus setiap tahun. Tahun ini, puncaknya pada malam 28 dan 29 Juli. Alpha Capricorn, meteor yang lebih lemah, juga memuncak pada malam yang sama. Dikenal untuk memancarkan bola api terang selama puncaknya, Alpha Capricornids akan terlihat oleh semua orang.
Hujan meteor Delta Aquariids dapat dilihat lebih baik daripada orang-orang di Belahan Bumi Selatan. Meteorit, yang cenderung berjumlah 10 hingga 20 per jam dan terbang dengan cepat 25 mil per detik, paling terlihat antara pukul 02.00 dan 03.00 di semua zona waktu, saat konstelasi Aquarius si Pembawa Air yang lebih redup—titik terang dari pancuran—tertinggi di langit, Menurut EarthSky.
Jika Anda keluar sekitar 30 menit sebelum mandi, mata Anda dapat menyesuaikan diri dengan kegelapan, karenanya NASA. Bagi mereka di belahan bumi selatan, radiasi lebih dekat ke atas; Orang-orang di belahan bumi utara harus melihat bagian selatan langit. Anda tidak perlu menggunakan teleskop, dan orang-orang tidak perlu terlalu fokus pada titik radioaktif karena meteor akan muncul di seluruh langit, saran EarthSky.
cerah memudarnya bulan cembung (74% penuh) akan memblokir beberapa hujan meteor minggu ini, membuat pemandangan di area dengan sedikit polusi cahaya – seperti bangunan dan lalu lintas – menjadi kritis. Namun pada awal Agustus, 13% bulan purnama (waxing crescent moon) akan mempermudah pengamatan meteor meskipun tidak sedang berada di puncak.

Pertunjukan bakat meteorologi

Langit yang gelap juga penting jika Anda ingin melihat jejak Delta Aquariids dengan hujan meteor Perseid. Perseid, hujan paling populer tahun ini, berasal dari titik radioaktif yang berbeda, lebih terang dari Delta Aquariids dan mencapai puncaknya pada pagi hari tanggal 11-13 Agustus.

Meskipun memahami dan mengamati tempat radioaktif tidak penting untuk melihat Delta Aquariids, penting untuk membedakan antara Delta Aquariids dan hujan Perseids pada bulan Agustus, menurut EarthSky.

READ  “Lagipula mungkin tidak ada konflik” dalam Debat Alam Semesta yang Diperluas

Sementara delta Aquarius memancar dari sekitar konstelasi Aquarius, Perseid terbang dari konstelasi Perseus, yang terletak di bagian timur laut langit. Jadi jika Anda berada di belahan bumi utara, meteor yang muncul dari timur laut adalah Perseid, sedangkan meteor yang datang dari selatan adalah Delta Aquarids, menurut EarthSky.

Meteorit ini mendarat di Bumi setelah perjalanan yang memakan waktu 22 juta tahun
Ada lebih banyak hujan meteor yang bisa Anda tangkap selama Sisa tahun 2021, menurut EarthSky Panduan hujan meteor 2021:
  • 8 Oktober: Naga
  • 21 Oktober: Orionid
  • 4-5 November: Selatan Torres
  • 11-12 November: Utara Torres
  • 17 November: Leonid
  • 13-14 Desember: Gemini
  • 22 Desember: Ursid

Sarah Molano dan CNN Ashley Strickland berkontribusi pada cerita ini.