BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

HyET Solar berupaya meningkatkan produksi film surya

HyET Solar berupaya meningkatkan produksi film surya

HyET Solar di Arnhem akan meningkatkan produksi wafer surya secara signifikan. Pabrik baru ini akan menghasilkan total produksi tahunan sebesar 340 megawatt wafer surya, perusahaan mengumumkan pada hari Rabu.


Pabrik baru ini akan berlokasi di Indonesia dan akan melengkapi pabrik yang sudah ada di Arnhem, tempat HyET Solar berupaya meningkatkan kapasitas produksinya. Kapasitas produksi pabrik tersebut kini sebesar 1 megawatt per tahun. Dalam membangun lokasi baru di Indonesia, HyET bekerja sama dengan perusahaan negara Indonesia, Pertamina, dan lembaga Indonesia LEN.



Lapisan tipis kertas timah


Sama seperti sel surya yang terdapat pada panel standar, sel surya HyET Solar terbuat dari silikon. Namun, dengan menempatkan lapisan tipis silikon pada aluminium foil di lingkungan gas, sel surya ini menjadi fleksibel. Lapisan polimer pada wafer melindungi silikon.


Namun, panel surya fleksibel lebih mahal dibandingkan panel surya biasa dan hasilnya lebih rendah. Panel surya fleksibel HyET Solar memiliki efisiensi sekitar 12 persen, dibandingkan dengan panel surya kaca standar yang memiliki efisiensi sebesar 18 persen. Menurut HyET Solar, ekspansi ke produksi massal harus mengimbangi perbedaan harga. Dengan output hingga 40 megawatt, perusahaan berharap chip tersebut mampu bersaing dengan panel surya silikon standar.



Ringan


Foil sebenarnya menawarkan keunggulan praktis dibandingkan panel surya kaca yang dipasang di sebagian besar atap. Lapisan perekat membuat foil cocok untuk berbagai permukaan dan pemasangannya relatif sederhana. Karena filmnya ringan, film ini juga dapat ditempatkan di atap yang tidak dirancang untuk menopang beban ekstra panel surya.


READ  Perekonomian Tiongkok terpuruk: kontraksi untuk pertama kalinya

Berkat fleksibilitas laminasi, laminasi dapat digunakan lebih dari sekadar permukaan. HyET Solar sebelumnya telah mengintegrasikan panel surya ke dalam tenda pengungsian misalnya (baca juga: Tenda pengungsi dengan panel surya).



Seorang mahasiswa dari University of Twente membuat tenda pengungsi dengan sel surya terintegrasi untuk proyek kelulusannya pada tahun 2016. Foto: University of Twente


Di panas


Menurut perusahaan, produk tersebut memiliki keunggulan lebih. Chip tersebut tampaknya lebih tahan terhadap suhu tinggi dibandingkan panel surya tradisional. “Untuk setiap suhu di atas 25 derajat Celcius, hilangnya produktivitas panel surya standar adalah 0,4 persen. Sedangkan foil hanya kehilangan 0,14 persen,” katanya. Pengembang Bisnis Max Perantara vs Berita Energi Energia.



Tangki penyimpanan


Hingga saat ini, perusahaan terutama mengembangkan teknologi ini. Untuk tujuan ini saya bekerja dengan operator stasiun Vopak. HyET Solar memasang solar film di atap tangki penyimpanan sebagai uji coba (baca juga: Vopak memasang sel surya di tangki penyimpanan). Idenya adalah semua stasiun Vopak di seluruh dunia pada akhirnya akan memiliki sistem yang sama.



Gambar pembuka: Vopak

Jika menurut Anda artikel ini menarik, berlangganan buletin mingguan gratis kami.