BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Impor batu bara China pada Januari-Februari dari Rusia meningkat karena Australia melanjutkan pasokan

Impor batu bara China pada Januari-Februari dari Rusia meningkat karena Australia melanjutkan pasokan

Impor batu bara harian rata-rata China dari Rusia dalam dua bulan pertama tahun 2023 naik dari Desember, didorong oleh permintaan pasokan yang kuat karena Beijing mencabut rezim nol-covidnya, tetapi kendala logistik masih membatasi ekspor.

Impor batubara Rusia mencapai 14,8 juta ton, atau 250.892 ton per hari, pada bulan Januari dan Februari, data dari Administrasi Umum Bea Cukai menunjukkan pada hari Senin, menjadikan Rusia sebagai pemasok batubara terbesar kedua di China.

Ini dibandingkan dengan 222.346 ton per hari pada bulan Desember dan 110.470 ton per hari dalam dua bulan pertama tahun 2022.

China secara tajam meningkatkan impor batu bara dari Rusia setelah invasi ke Ukraina karena Barat menghindari perdagangan dengan Moskow, menurunkan harga batu bara Rusia dan menarik pembeli yang gagal menegakkan sanksi.

Tetapi pembatasan infrastruktur transportasi di Rusia telah memblokir ekspor batu bara ke China sejak Oktober, dan para pedagang memperkirakan situasi ini akan berlanjut.

Catatan bea cukai juga menunjukkan 207.236 ton batu bara Australia memasuki China pada Februari, yang pertama sejak Beijing mencabut larangan tidak resmi pada awal Januari ketika kedua negara berusaha memperbaiki hubungan.

Pedagang memperkirakan batubara Australia, terutama batubara termal, akan tiba di China bulan ini hingga April.

Dimulainya kembali impor batu bara Australia tidak mungkin secara signifikan mengubah struktur pasokan batu bara China karena persaingan yang ketat dari kargo murah Rusia dan meningkatnya pasokan dari tambang domestik China.

Indonesia merupakan pemasok batu bara terbesar China dalam dua bulan pertama tahun 2023. China membeli 34,78 juta ton batubara Indonesia pada Januari dan Februari, naik 83% dari tahun 2022, menurut data bea cukai.

READ  Mitsubishi telah memperkenalkan Pajero Sport terbaru di Indonesia