BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia dicabut sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 karena perselisihan dengan Israel

Indonesia dicabut sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 karena perselisihan dengan Israel

Indonesia telah ditolak kesempatannya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, FIFA mengumumkan pada hari Rabu, setelah pejabat setempat mengatakan mereka tidak akan mengizinkan warga Israel untuk tinggal di kota mereka di tengah protes atas partisipasi Israel dalam turnamen tersebut.

Dalam keterangan di situs FIFA, FIFA menyebutkan keputusan itu diambil setelah pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Indonesia Eric Tohir.

Sebelumnya, FIFA membatalkan acara penting pra-turnamen setelah gubernur regional dan pengunjuk rasa menuntut agar Israel dilarang berpartisipasi dalam turnamen U-20 dan warga Israel dilarang tinggal di kota-kota mereka – termasuk di Bali, tempat tim Israel dijadwalkan untuk berada. bermain. Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan pada hari Selasa bahwa partisipasi Israel tidak berarti perubahan dalam kebijakan luar negeri negaranya “terhadap Palestina,” dan menekankan bahwa olahraga tidak boleh dicampur dengan politik.

Menurut peraturan FIFA, negara tuan rumah turnamen internasional mana pun harus mengizinkan penggemar dari seluruh dunia untuk menghadiri pertandingan tersebut, seperti yang terjadi pada Piala Dunia musim dingin lalu di Qatar.

Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen – 20 Mei hingga 11 Juni – saat ini tidak berubah. FIFA mengatakan dalam pernyataannya bahwa kemungkinan sanksi terhadap FIFA juga dapat ditentukan pada tahap selanjutnya. media Argentina Amarilla ganda Asosiasi Sepak Bola Argentina dikabarkan menawarkan diri menjadi tuan rumah turnamen tersebut jika FIFA memutuskan mencabut hak Indonesia menjadi tuan rumah turnamen tersebut.

“Meskipun ada keputusan ini, pihaknya tetap berkomitmen untuk membantu PSSI secara efektif, melalui kerja sama yang erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden. [Joko] FIFA mencatat, Widodo sedang dalam proses mentransformasi sepak bola Indonesia pasca tragedi yang terjadi pada Oktober 2022, mengacu pada terinjak-injak usai pertandingan sepak bola di kota Malang yang menewaskan sedikitnya 125 orang, termasuk beberapa anak di bawah umur.

READ  Indonesia telah memeriksa semua stadion sepak bola setelah bencana

FIFA menambahkan bahwa Infantino dan Thohir akan segera bertemu lagi “untuk berdiskusi lebih lanjut.”