BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia memilih: fakta dan angka

Indonesia memilih: fakta dan angka

Pemilu di Indonesia mempunyai arti penting bagi negara-negara lain di dunia, karena pemilu ini semakin berdampak pada tingkat global, dan tentu saja regional. Negara ini memainkan peran utama di ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) dan merupakan salah satu negara dengan perekonomian G20 terbesar. Uni Eropa menandatangani perjanjian kerja sama dengan Indonesia pada tahun 2009, namun perjanjian tersebut baru berlaku pada akhir tahun 2013.

  • Populasi terbesar keempat Dari populasi dunia yang berjumlah 254 juta orang, 55% diantaranya berusia di bawah tiga puluh tahun. Populasi perkotaan meningkat dari 85,2 juta pada tahun 2009 menjadi 140 juta pada tahun 2014.
  • Populasi Muslim terbesar Di dunia: 88% Muslim
  • Negara demokrasi terbesar ketiga Terbanyak di dunia setelah India dan Amerika Serikat dengan 188 juta pemilih
  • Perekonomian terbesar kesepuluh di dunia Menurut laporan Bank Dunia pada bulan Mei 2014 (berdasarkan paritas daya beli). Pendapatan tahunan rata-rata per kapita adalah 4.250 euro. Pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir rata-rata sekitar 6 persen.
  • Jalur laut utama Karena perdagangan global melewati Selat Malaka: seperempat perdagangan global melewati Selat Malaka antara Indonesia dan Malaysia
  • Kepulauan terbesar di duniaIni mencakup 18.307 pulau (6.000 di antaranya berpenghuni), luas daratan 1,91 juta kilometer persegi, dan enam lautan dengan total luas permukaan air lebih dari 3 juta kilometer persegi.

188 juta penduduk Indonesia mempunyai hak pilihDari jumlah tersebut, 67 juta orang akan berpartisipasi dalam pemilu nasional untuk pertama kalinya. Sekitar 115 juta pemilih tinggal di Pulau Jawa.

di sana Dua tim yang bersaing Partisipasi dalam pemilihan presiden:

  • Joko Widodo dan Jussuf Kalla (PDI-P, Hanora, NasDem dan PKB)
  • Prabowo Subianto dan Hata Rajasa (Girendra, Golkar, PPP, PKS dan PAN)
READ  Derek keseimbangan E-Crane berada di 5 teratas “Produk Buatan Antwerpen”: “Kemudahan penggunaan, konektivitas digital, dan kecepatan pengoperasian menjadikan alat berat ini unik”

Karena seleksi dibatasi pada dua tim, KPU memutuskan bahwa kemungkinan putaran kedua tidak diperlukan. Oleh karena itu, presiden baru akan diumumkan setelah tanggal 9 Juli, dan bukan hanya pada bulan September, seperti rencana semula.

Menurut konstitusi Presiden Baik kepala negara maupun kepala pemerintahan dapat dipilih maksimal dua kali untuk masa jabatan lima tahun. Prabowo ingin kembali ke UUD 1945 yang asli, yang memberikan kekuasaan lebih besar kepada presiden dan lebih sedikit kekuasaan kepada Parlemen.

Jumlah anggotanya adalah 560 Parlemen (Dewan Peruakilan Rakyat atau Republik Demokratik Kongo) Mereka terpilih pada 9 April. Majelis Rakyat mempunyai kekuasaan legislatif. Selain itu ada satu Dewan Perwakilan Daerah (Jurusan Diwan Peruakilan atau DPD) dengan 132 anggota: empat untuk setiap kabupaten.

Tema utama Dalam pertarungan pemilu:

  • Anti korupsi (menurut Indeks Persepsi Korupsi Transparency International (2012), Indonesia menempati peringkat 118 dari 183 negara)
  • Memperkuat perekonomian nasional
  • Status Islam dalam negara dan perlindungan minoritas
  • Ketimpangan meningkat pesat (koefisien Gini memburuk dari 0,29 pada tahun 2000 menjadi 0,38 pada tahun 2011)
  • Pembangunan manusia yang rendah: Indonesia berada di peringkat 121ste Tempatkan pada Indeks Pembangunan Manusia PBB (lebih rendah dari negara tetangga Malaysia, Thailand dan Filipina).
  • Subsidi energi yang tidak berkelanjutan (20% belanja pemerintah pusat – atau €18 miliar – digunakan untuk subsidi bahan bakar, yang sebagian besar menguntungkan kelas menengah atas)

Konser

Aliansi Prabowo-Hatta

Golkar Partai Golongan Karya adalah partai yang berkuasa pada tahun 1966 hingga 1998, tahun Orde Baru era Soeharto. Sejak tahun 1998 dan seterusnya, partai ini telah menjauhkan diri dari masa lalu, namun tetap mempertahankan aparat partai dan jaringan cabangnya yang luas, sehingga partai ini tetap menjadi kekuatan yang penting. Partai juga memiliki sumber daya keuangan yang signifikan yang digunakan selama pemilu. Abu Riza Bakri memimpin partai tersebut, namun calon wakil presiden Jokowi – Jusuf Kalla – juga termasuk dalam jajaran petinggi partai.
91 kursi di DPR setelah pemilu 9 April 2014

READ  Pemilik Proyek | Dari artis visual hingga koki TV di 24Kitchen: ...

Girindra Partai Gerakan Indonesia Raya didirikan pada tahun 2008 oleh mantan Jenderal Prabowo Subianto. Partai ini didanai oleh saudara laki-laki Prabowo, pengusaha miliarder Hashim Jojohadikosumo. Partai tersebut memperoleh 4,5% suara pada tahun 2009, namun memiliki peluang untuk memenangkan kursi presiden pada tahun 2014.
73 kursi di Republik Demokratik Kongo

Keseimbangan daya beli Partai Persatuan Pembangunan muncul di bawah rezim baru Suharto pada tahun 1973 sebagai penggabungan empat partai Islam. Setelah kerusuhan reformis pada tahun 1998, partai tersebut kembali menganut ideologi Islam yang lebih ekstrim yang dilarang oleh Suharto.
39 kursi di Republik Demokratik Kongo

PKS (Partai Keadilan Sejahtra) adalah partai keagamaan konservatif yang fokus utamanya pada moralitas pribadi para pemilihnya. Pada periode pemerintahan terakhir, beberapa petinggi partai, termasuk ketua partai, terlibat skandal korupsi.
40 kursi di Republik Demokratik Kongo

penggorengan (Partai Amanat Nasional) adalah partai Islam moderat yang didirikan pada tahun . Calon wakil presiden Hata Rajasa berasal dari partai tersebut.
49 kursi di Republik Demokratik Kongo

Koalisi Jokowi-Kala

PDIP (Partai Demokrasi Indonesia – Perjuangan) adalah motor penggerak kemerdekaan Indonesia, di bawah kepemimpinan Sukarno. Partai ini selalu berorientasi nasionalis, sosial demokrat, dan sekuler. Saat ini dipimpin oleh MegawatiSoekarnoputri, putri sulungSoekarno. Pada 14 Maret, ia memberkati pencalonan presiden Joko Widodo, Gubernur Jakarta saat itu.
109 kursi di Republik Demokratik Kongo

nasdim Partai Nasional Demokrat didirikan pada tahun 2011 oleh seorang pengusaha media yang memiliki surat kabar besar dan saluran berita.
35 kursi di Republik Demokratik Kongo

Hanora Partai Hati Noorani Rakyat didirikan pada tahun 2006 oleh mantan Jenderal Wiranto, seorang perwira militer senior yang terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia di bawah pemerintahan Suharto. Wiranto sebelumnya tergabung dalam Partai Golkar, namun yakin ia akan berpeluang lebih besar menjadi presiden bersama partainya.
16 kursi di Republik Demokratik Kongo

READ  TikTok Shop Indonesia akan dibuka kembali setelah kesepakatan senilai $1,5 miliar

BKB (Partai Pekabgkitan Bangsa) adalah partai Islam moderat, yang didirikan di kantor organisasi masyarakat sipil Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama. Ikatan antara organisasi dan partai saat ini tidak kuat.
47 kursi di Republik Demokratik Kongo

netral

Partai demokrat Ini adalah partai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan keluar. Partai tersebut mencapai hasil yang sangat mengecewakan dalam pemilihan parlemen bulan April. Mereka tidak mengusulkan calon presiden dan tidak bergabung dengan koalisi mana pun.
61 kursi di Republik Demokratik Kongo