BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Banyak kupon penerbangan yang dipesan di D-reizen yang bangkrut belum dibayar

Marco dan Carla membayar ribuan euro untuk mewujudkan impian mereka: perjalanan ke Amerika dan Indonesia. Mereka memesan tiket pesawat dengan D-reizen. Tapi setelah perusahaan itu bangkrut, ternyata mereka tidak bisa mendapatkan uangnya kembali.

Saat krisis Corona merebak, perjalanan Carla dan Marco dibatalkan. D-reizen membayar voucher, dan akhirnya maskapai yang akan mengoperasikan penerbangan membebankan biaya ke D-reizen. Tapi uang ini disimpan oleh agen perjalanan dan tidak dibayarkan kepada kliennya.

Uang untuk membeli tiket hilang

Rencananya adalah pergi ke Indonesia bersama seluruh keluarga, enam pria, untuk merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-25. Carla Thompson membayar hampir €9.000 kepada D-reizen untuk penerbangan dengan maskapai Garuda. Ketika penerbangan gagal, Garuda mentransfer uang itu ke D-reizen, pada September 2020. Namun tidak berakhir di Carla. Garuda sekarang menolak untuk membayar lagi.

Marco Hartog akan pergi ke San Francisco bersama istri, anak, dan saudara perempuannya. Dia mengatur penerbangan dari rumah dan memesan tiket KLM melalui D-reizen. Biaya: sekitar 3.500 euro. KLM juga membayar biaya kepada D-reizen pada musim gugur 2020. Namun, D-reizen mengatakan kepada Marco pada awal tahun ini bahwa pembayaran akan ditangguhkan sampai mereka menerima dukungan yang memadai dari pemerintah.

Marco dan Carla telah membayar ribuan euro untuk perjalanan D dan mereka tidak hanya mendapatkan uang itu kembali, kata mereka dalam laporan ini

42 juta voucher

Saat D-reizen dinyatakan pailit pada awal April, perusahaan masih memiliki kupon 42 juta yang beredar. Jadi uang itu harus dibayar, tetapi ternyata hilang. Hans van Rooijen, yang merupakan korban D-reizen, memulai grup Facebook ‘Menuntut pengembalian uang tiket pesawat D-reizen individu’.

READ  Namun, pertumbuhan ekonomi mulai pulih. Tapi kemewahan, apa yang dilakukan korona?

Tur anggotanya menunjukkan bahwa bersama-sama 86 orang sudah memiliki kredit sebesar 156.000 euro. Grup tersebut telah menyewa seorang pengacara dan akan mulai menulis surat kepada maskapai penerbangan untuk mengganti tiket, tetapi kali ini langsung ke pelanggan.

Lihat juga

Pelanggan harus mendapatkan uang kembali

Manajer klaim UE, Hendrik Norderhaven, juga membantu para korban. Khusus dalam penggantian biaya perjalanan udara. Dia pertama kali mencoba untuk memulihkan uang tiket dari wali kebangkrutan D-reizen yang bangkrut, tetapi dia menyatakan bahwa uang itu tidak ada. Karena itu, Norderhaven kini membidik maskapai penerbangan.

Norderhaven akan pergi ke pengadilan atas nama penumpang yang memegang tiket KLM, yang sudah memiliki kredit sekitar 4 juta. Dan dia tidak menemukan alasan bahwa biaya penerbangan yang dibatalkan telah dibayar oleh maskapai penerbangan: “Pada akhirnya, itu tidak ada hubungannya dengan pelanggan yang kehilangan uang ini. Dia harus mendapatkannya kembali.”

KLM: Komitmen terpenuhi

KLM menunjukkan respons terhadap amina D-reizen. “Semua permintaan pengembalian dana telah dibayarkan ke D-reizen beberapa waktu lalu dan oleh karena itu kami telah memenuhi kewajiban kami. Penumpang yang belum menerima pengembalian dana dari D-reizen disarankan untuk memberi tahu Koordinator. D-reizen telah memesan liburan all-inclusive dengan penerbangan KLM, mereka dapat melapor ke Stichting Garantiefonds Reisgelden (SGR)”.

Maskapai juga menjelaskan mengapa pengembalian uang asli dikirim ke D-reizen: “Untuk mencegah kesalahan dan penipuan sebanyak mungkin, misalnya karena pembayar tiket tidak selalu orang yang sama dengan penumpang, semua pengembalian uang ditransfer ke nomor rekening bank tempat pembayaran dilakukan.” .

Lihat juga

Selalu ke maskapai

KLM menulis: “Jika pembayaran berasal dari agen perjalanan, uang akan dikembalikan di sana. Ini juga terjadi dengan pembatalan akibat COVID-19. Metode ini berlaku untuk terbang di seluruh dunia.”

READ  "Gedung Erasmus adalah penggerak di balik hubungan Belanda dan Indonesia" | Kementerian

Inspektorat Lingkungan dan Transportasi Manusia (ILT) memantau kepatuhan maskapai penerbangan terhadap hukum. ILT sudah mengumumkan pada akhir Maret: “Konsumen harus selalu dapat menghubungi maskapai secara langsung untuk pengembalian dana jika penerbangan mereka dibatalkan. Ini juga berlaku jika penerbangan dipesan melalui agen perjalanan.”

Asosiasi Konsumen menginginkan dana untuk tiket pesawat

Sementara penumpang yang dibatalkan masih berhak atas kompensasi dari Stichting Garantiefonds Reisgelden (SGR) jika suatu perusahaan bangkrut, dana untuk tiket pesawat tunggal seperti itu tidak ada. Asosiasi Konsumen mengatakan telah menganjurkan dana semacam itu selama beberapa tahun. “Ini memberi konsumen lebih banyak kepastian,” kata Babs van der Stack dari serikat pekerja.

Van der Staak menyarankan orang untuk memesan tiket pesawat langsung dengan maskapai penerbangan, sehingga tidak ada agen di antara mereka jika terjadi kesalahan. “Dan jika Anda masih merasa nyaman untuk memesan di sebuah agen, membayar untuk malam akomodasi atau transportasi. Kemudian Anda memiliki paket dan mereka diasuransikan dengan SGR.”

Mulai ulang perjalanan D

Beberapa kantor D-reizen telah dibuka kembali minggu ini. Prijsvrij Vakanties telah mengambil alih perusahaan yang bangkrut dan mencoba memulai awal yang baru dalam bentuk yang kecil.

Korban Hans van Rooijen mengatakan bahwa beberapa mantan pelanggan D-reizen menerima email otomatis dari D-reizen dengan pesan bahwa mereka akan dihubungi. Menurut Van Rooijen, ini karena pengaktifan kembali situs web, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka benar-benar akan dihubungi tentang perjalanan mereka.

Lihat juga