BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia mengirimkan lima atlet Silat untuk mengikuti Hari Olahraga Nasional Qatar

Indonesia mengirimkan lima atlet Silat untuk mengikuti Hari Olahraga Nasional Qatar

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI mengirimkan lima atlet profesional pencak silat, seni bela diri tradisional yang umum dilakukan di kepulauan Indonesia dan Asia Tenggara, untuk merayakan Hari Olahraga Nasional Qatar pada 14 Februari 2023.

Departemen Umum Kebudayaan Kementerian bekerjasama dengan KBRI, Persatuan Masyarakat Indonesia, Lembaga Qatar dan Museum Qatar memfasilitasi proses pengiriman lima atlet silat yang terbang langsung dari Jakarta.

Tujuannya untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan olahraga tradisional Indonesia, kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Kebudayaan Hilmar Farid dalam keterangannya, Rabu.

Dijelaskannya, acara yang digelar di Multaqa Plaza Qatar ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan olahraga tradisional Indonesia serta merayakan Tahun Kebudayaan Qatar-Indonesia 2023.

Tak hanya menampilkan bakatnya kepada dunia, para atlet silat juga membawa latihan silat secara langsung kepada masyarakat Qatar.

Menurut Farid, mengikuti Tahun Kebudayaan Qatar-Indonesia 2023 merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia, karena Pencak Silat mengandung seluruh unsur yang merupakan warisan budaya tak benda.

Tradisi Pencak Silat meliputi tradisi lisan, seni pertunjukan, ritual, festival, kerajinan tradisional, pengetahuan dan praktik sosial serta kearifan lokal.

“Pencak silat Indonesia juga menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak meraih prestasi di tingkat internasional,” ujarnya.

Ia menyatakan, fakta bahwa Pencak Silat diakui UNESCO sebagai warisan budaya takbenda pada tahun 2019 juga patut dibanggakan.

Pencak silat diakui sebagai warisan budaya takbenda pada sesi keempat belas Komite Antarpemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda di Bogotá, Kolombia, pada tanggal 9 hingga 14 Desember 2019.

Pencak silat merupakan budaya asli Indonesia di beberapa daerah dan juga merupakan olahraga yang diwariskan secara turun temurun.

READ  Bo Bendsneyder menantikan TT di Assen: "Ini masih sangat istimewa" | olahraga lainnya

Berita Terkait: Negosiasi KOI-ANOC Soal Pencak Silat di World Beach Games 2023
Berita Terkait: Festival Pencak Silat diadakan untuk mempromosikan warisan budaya Indonesia

Diterjemahkan oleh: Astrid, Fazli Rahman
Redaktur: Rahmad Nasution
Hak Cipta © Antara 2023