BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia menjadi tuan rumah acara MXGP Motocross di Sumbawa dan Lombok

TEMPO.CO, Jakarta – Indonesia kembali ditugaskan menjadi tuan rumah konferensi tersebut MXGP dunia Motocross Perlombaan telah terjadi, menyiapkan panggung untuk dua seri berturut-turut pada bulan Juni dan Juli 2024. Kepulauan Sumbawa Dan Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menyambut para pebalap motorcross terbaik dunia, dengan balapan dijadwalkan pada 30 Juni di Sirkuit Samuta Sumbawa, dilanjutkan dengan pertarungan pada 7 Juli di Sirkuit Selabarang Lombok.

Tahun ini, Indonesia bergabung dengan Italia sebagai satu-satunya negara yang mendapat kehormatan menjadi tuan rumah MXGP Series sebanyak dua kali dalam satu musim. Ajang yang menandai seri kesepuluh dan kesebelas musim MXGP 2024 ini semakin mempertegas kemampuan Indonesia dalam menyelenggarakan ajang olahraga kelas dunia, menyusul suksesnya menjadi tuan rumah balapan MotoGP dan World Superbike di tahun 2024. Mandalika Sirkuit.

Presiden MXGP Indonesia Zulkiflimansyah menyoroti dampak ekonomi dan investasi signifikan yang dibawa MXGP ke wilayah Samota yang sebelumnya terbelakang.

“Jadi di Samuta dulu menurut kami tidak ada, dengan adanya MXGP sekarang ada kepastian investasi. Ini semangat yang ingin kita bawa ke daerah lain di seluruh Indonesia. Kalau Sumbawa dengan segala keterbatasannya mampu menyelenggarakan itu,” kata Zulkiflimansyah dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, mengatakan event global, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dll harus bisa menghadirkan event besar di daerahnya.

Samota merupakan singkatan dari tiga wilayah yaitu Teluk Salih, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora.

Erwin Endriyanto dari Persatuan Otomotif Indonesia (I MI) menekankan pentingnya menjadi tuan rumah MXGP untuk pengembangan atlet Indonesia, dengan tujuan memberikan talenta lokal dengan paparan kompetisi internasional dan kemungkinan mendapatkan tiket kemenangan bagi mereka.

Duta MXGP 2024 Baim Wong mengungkapkan kebanggaannya atas Indonesia menjadi satu-satunya tuan rumah seri MXGP di Asia, yang dianggapnya sebagai “berkah” dan peluang unik untuk mengangkat profil global Indonesia di dunia olahraga.

READ  Peter (70) beklimt 5.000 treden in een uur

“Kali ini sangat spesial karena di Asia hanya Indonesia (yang menjadi tuan rumah). Jadi ada 19 negara di MXGP, dan Indonesia mendapat dua alasan logis. Jadi buat saya berkah, bagaimana kita bisa mendapat kesempatan untuk membesarkan nama. Indonesia di mata dunia,” ujarnya.

MXGP tahun lalu di Sirkuit Selaparang menampilkan Romain February dari Kawasaki Racing Team MXGP memenangkan kejuaraan, dengan mengumpulkan total 47 poin dalam dua balapan. Seiring dengan persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah seri MXGP mendatang, acara tersebut diharapkan tidak hanya menampilkan aksi motorcross yang seru, tetapi juga menyoroti kemampuan Indonesia dalam menyelenggarakan event besar internasional, serta mempromosikan negaranya di kancah dunia.

Antara

Pilihan Redaksi: Kemenpar perkirakan dana yang beredar dari MotoGP Mandalika mencapai Rp 914 miliar

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News