BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia meraih medali emas dan perunggu di World Youth Karate League 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Pemuda Indonesia karate Atlet Akio Seiko meraih medali emas pada Kejuaraan Karate Remaja Dunia 2024 yang diadakan di Fujairah, Uni Emirat Arab.

Medali emas diraih pemain karate muda Akio Saiko setelah mengalahkan wakil Venezuela, kata Omar Syarif, pelatih karate Institut Karate Do Nasional (Encanas), melalui telepon dari Jakarta, Minggu.

Dijelaskannya, World Youth Karate Championship 2024 yang digelar pada 22-25 Februari ini merupakan ajang yang sangat bergengsi yang diikuti lebih dari 2.000 atlet dari berbagai negara di dunia.

Pada kompetisi tersebut, Akio Saeko yang tampil di kategori putra menunjukkan kemampuannya yang luar biasa dengan tampil sebanyak delapan kali dan pada laga final mampu mengalahkan wakil Venezuela untuk merebut medali emas.

Sementara pemain karate Indonesia Sifa Salsabila meraih medali perunggu kategori putri di kompetisi internasional. “Kami tentunya sangat bersyukur bisa memperoleh dua medali pada kompetisi yang sangat bergengsi ini,” kata Omar Syarif.

Omar Syarif mengatakan, perolehan medali ini merupakan pengalaman prestasi yang sangat berharga bagi para atlet dalam mengukur kemampuannya dalam karate serta mencatat klasifikasi dan jam terbang.

Ia mengatakan, jumlah pemain karate Indonesia yang dikirim untuk mengikuti kompetisi tersebut mencapai delapan orang, lima orang dikirim atas inisiatif Enkanas sendiri dan tiga orang dari Federasi Karate-do Indonesia (Forki).

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi insentif bagi para pemain karate Tanah Air lainnya untuk terus berlatih olahraga tersebut dan menyumbangkan prestasinya di kompetisi internasional.

Syarif yang sudah berpengalaman di bidang karate selama kurang lebih 20 tahun ini berharap para pemain karate Indonesia terus diberikan kesempatan untuk mengikuti sebanyak-banyaknya kompetisi di tingkat internasional.

READ  Para ahli berbagi tips apakah Anda tetap ingin berolahraga di cuaca panas ini kesehatan

“Memiliki banyak pertandingan sebelumnya menjadi faktor yang sangat penting bagi para atlet untuk bisa meraih banyak prestasi karena di sisi lain laju kompetisi kita di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan Eropa misalnya,” ujarnya.

Antara

Pilihan Editor: Wisatawan disarankan membawa US$417 atau uang tunai untuk masuk ke Thailand

klik disini Memperoleh Update berita terkini dari Tempo di Google News