BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia akan menghadapi Jepang, Irak, dan Vietnam di Piala Asia 2023

TEMPO.CO, JakartaIndonesia tergabung dalam Grup D Piala Asia 2023 yang digelar Januari 2024 di Qatar. Dengan demikian, timnas akan menghadapi Jepang, Irak, dan Vietnam di babak penyisihan grup.

Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Eric Tohir hadir pada pengundian Piala Asia AFC bersama pelatih nasional Shin Tae-yong. Ia mengatakan tim Indonesia akan berjuang sekuat tenaga untuk terus bersaing di Grup Empat.

Menurutnya, Jepang, Irak, dan Vietnam merupakan lawan yang kuat. Selain itu, Jepang telah memenangkan kompetisi ini sebanyak empat kali. Di Piala Dunia 2022, Samurai Biru secara mengejutkan berhasil mengalahkan Jerman dan Spanyol.

“Kita sudah tahu kalau kualitas Jepang berada di level elit dunia, begitu pula Irak dan Vietnam. Mereka semua tim yang sulit, tapi apa pun bisa terjadi dalam 90 menit dan semuanya dimulai dengan skor 0-0. Kami siap, kata Eric di Doha, Kamis, 11 Mei 2023. Meski tantangannya tidak mudah.”

Menurutnya, para pemain Garuda siap bertarung. Meski timnas berada di peringkat Pot 4 dan merupakan tim dengan peringkat terbawah, namun ia meminta para pemain tidak perlu takut.

“Timnas kita terus menunjukkan perkembangan positif. Kita tahu Piala Asia ini diikuti tim-tim kelas dunia. Ini jelas menjadi tantangan sekaligus peluang bagi kita untuk menaikkan level permainan timnas,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan Grup 4 istimewa karena Indonesia akan menghadapi tetangganya, Vietnam. “Seperti yang kita ketahui, Vietnam adalah pesaing kita di ASEAN, dan mereka mempunyai kinerja yang hebat di Asia. Semua pesaing kuat, namun tim kita juga mempunyai kualitas untuk mengatasi gangguan.”

Eric Thohir yakin tim besutan Shin Tae-yung punya peluang bersaing dengan elite negara-negara Asia di kompetisi sepak bola. Dia menambahkan: Ini adalah partisipasi kelima kami di Piala Asia, dan kami telah absen sejak 2007 dan hanya bisa kembali. [this year]. Dia berkata: “Kami harus memanfaatkan kesempatan ini dengan berjuang hingga peluit akhir dibunyikan.”

READ  Saya sakit kepala setelah berolahraga, apa alasannya? | Tanya ahlinya

Arkhelaus dan Wisno Triogo

Pilihan Editor: Piala AFC: Indonesia tersingkir dari Vietnam; Shin Tae-yung berpendapat bahwa pemain kurang memiliki kemampuan beradaptasi dan fokus

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News