BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia merelokasi 10.000 orang secara permanen karena gunung berapi Ruang – Tagplot Suriname

Indonesia merelokasi 10.000 orang secara permanen karena gunung berapi Ruang – Tagplot Suriname

Indonesia akan merelokasi secara permanen sekitar 10.000 orang yang tinggal di pulau vulkanik Ruang. Pasalnya, setelah gunung berapi yang baru-baru ini sangat aktif menimbulkan banyak kerusakan, ada kekhawatiran akan terjadinya letusan lebih lanjut di masa mendatang.

Topan Ruang kembali melanda Selasa lalu. Gumpalan abu membubung sekitar lima kilometer dari gunung berapi di pesisir Sulawesi itu.

Sebelumnya pada bulan April, Rwanda juga meletus. Kemudian, 800 orang yang tinggal di bukit tersebut dievakuasi sementara dan ribuan orang di sekitarnya disarankan untuk mengungsi. Karena wabah baru pada hari Selasa, diputuskan untuk menjadikan evakuasi sebagai tindakan permanen.

Pemerintah setempat telah mengumumkan keadaan darurat hingga 14 Mei. Mereka telah memperingatkan bahwa letusan baru dapat menyebabkan tsunami jika sebagian gunung berapi tersebut runtuh.

READ  Aksi mogok makan anak di Indonesia