BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Iran berusaha dengan paksa untuk menekan demonstrasi di wilayah Kurdi |  Luar negeri

Iran berusaha dengan paksa untuk menekan demonstrasi di wilayah Kurdi | Luar negeri

Iran telah mengirim pasukan keamanan tambahan ke wilayah Kurdi di negara itu untuk menghancurkan protes anti-pemerintah yang sedang berlangsung. Setidaknya empat pengunjuk rasa tewas.

Organisasi hak asasi manusia yang berbasis di Norwegia Hengau mengatakan bahwa helikopter militer telah menerbangkan anggota Pengawal Revolusi Iran ke kota Kurdi Mahabad untuk memadamkan protes. Tembakan keras terdengar dalam video yang beredar di media sosial.

Menurut Hengaw, pasukan keamanan Iran menembak pengunjuk rasa di Mahabad. Sedikitnya empat orang tewas dalam beberapa hari terakhir.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh media pemerintah Iran mengkonfirmasi bahwa Pengawal Revolusi hadir di wilayah Kurdi. Menurut media pemerintah, akan ada “konfrontasi dengan kelompok teroris”.

Pemerintah Iran menegaskan bahwa kematian perempuan Kurdi Iran, Amini, disebabkan oleh masalah medis yang dideritanya. Pihak berwenang menuduh pembangkang asing dan separatis Kurdi berada di belakang demonstrasi.

Menurut media resmi Iran, ketenangan kini telah kembali ke wilayah Kurdi. Aktivis dan organisasi hak asasi manusia Hengaw membantahnya di Twitter. Mereka mengatakan demonstrasi terus berlanjut di beberapa kota Kurdi.

READ  "Dunia akan melihat para pemimpin kita," tapi siapa yang memimpin Taliban?