BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

James Webb menabrak meteor kecil ‘lebih besar dari yang diharapkan’, tetapi masih berfungsi – IT Pro – Berita

Teleskop Luar Angkasa James Webb baru-baru ini menabrak meteorit kecil yang lebih kecil dari perkiraan. Akibatnya, salah satu dari delapan belas cermin mengalami kerusakan. NASA mengatakan teleskop itu masih berfungsi dengan baik.

Antara 23 dan 25 Mei, Teleskop James Webb memiliki dampak “lebih besar dari yang diperkirakan” pada salah satu cermin utamanya, badan antariksa menulisUkuran pastinya tidak dapat ditentukan, tetapi itu menyebabkan beberapa kerusakan pada cermin yang bersangkutan.

Badan antariksa tersebut menyatakan bahwa efek ini tidak memiliki konsekuensi untuk pengoperasian teleskop luar angkasa. “Setelah evaluasi awal, tim menentukan bahwa teleskop terus bekerja pada tingkat yang melebihi semua persyaratan misi, meskipun ada efek marginal yang terdeteksi dalam data,” kata NASA. Untuk lebih mengkompensasi dampak tabrakan, NASA mengoreksi lokasi cermin yang terkena dampak. “Ini mengurangi dampak dari efek apa pun, meskipun tidak semua distorsi dapat dihilangkan dengan cara ini,” tulis organisasi tersebut.

NASA menegaskan bahwa Teleskop James Webb dibangun untuk menahan dampak mikro-meteorit dan bahwa teleskop telah terkena meteorit kecil seperti itu setidaknya empat kali sejak diluncurkan. Ini adalah tabrakan pecahan meteorit, seringkali seukuran partikel debu, terbang melintasi ruang angkasa dengan kecepatan sangat tinggi. “Namun, efek terakhir lebih besar dari yang diharapkan dalam model dan di atas apa yang bisa diuji tim di lapangan.” Namun, menurut badan antariksa tersebut, kinerja teleskop tersebut masih melebihi ekspektasi.

James Webb diluncurkan dari Guyana Prancis pada Hari Natal setelah bertahun-tahun tertunda. Teleskop sekarang telah mencapai orbit terakhirnya di sekitar titik L2. Semua instrumen teleskop telah didinginkan dan diberi label, James Webb baru-baru ini mengirim Gambar uji tajam ke tanahMusim panas ini pekerjaan sains sesungguhnya dari teleskop akan dimulai.

READ  Massaal testen heeft langste tijd gehad: 'Kami moeten naar iets nieuws'