BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

James Webb menyajikan detail sisa-sisa supernova Cassiopeia A dan cincin di sekitar Uranus – IT Pro – Berita

NASA, Badan Antariksa Eropa dan Badan Antariksa Kanada (CSA) telah merilis gambar Cassiopeia A, sisa supernova. Juga ditampilkan gambar planet Uranus dengan cincinnya yang terlihat jelas. Kedua objek tersebut dicitrakan oleh James Webb Space Telescope.

Gambar dari Cassiopeia A ditangkap dengan instrumen pertengahan-inframerah James Webb Space Telescope. Dibandingkan dengan gambar inframerah sebelumnya, ada Menurut peneliti Banyak detail yang terlihat yang tidak bisa dilihat orang sebelumnya. Warna adalah hasil dari “penerjemahan” cahaya inframerah menjadi panjang gelombang dari bagian spektrum yang terlihat.

Menurut badan antariksa, warna-warna ini menghasilkan banyak informasi ilmiah. Misalnya di luar, terutama di kiri dan atas, muncul zat merah jingga, rupanya dari pancaran debu panas. Di sinilah ejecta dari bintang yang meledak bertabrakan dengan debu dan gas di sekitarnya. Menampilkan lebih banyak dari interior, bakiak dan kancing merah muda; Ini adalah material dari bintang yang mulai memancarkan cahaya melalui campuran debu dengan elemen berat seperti oksigen, argon, dan neon. Hijau memiliki bentuk dan kompleksitas yang tidak terduga bagi para ilmuwan dan sulit dipahami. Semua sumber emisi masih belum terungkap, kata Ilse De Looze dari Universitas Ghent, salah satu rekan penulis.

Berjarak sekitar 10 tahun cahaya, Cassiopeia A adalah sisa supernova yang diketahui terletak 11.000 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Cassiopeia. Itu adalah hasil dari ledakan sebuah bintang besar, yang cahayanya mencapai kita sekitar 340 tahun yang lalu. Ini adalah sisa-sisa termuda dari ledakan bintang yang sangat besar di galaksi kita. Cassiopeia A memberi para ilmuwan kesempatan terbaik untuk melihat sisa-sisa bintang yang meledak dan melakukan otopsi pada sejenis bintang untuk memahami jenis bintang apa yang pernah ada dan bagaimana ia meledak.

Badan antariksa juga punya satu Gambar Uranus Diposting menunjukkan cincin es planet yang sulit dilihat. Cincin debu samar planet ini sebelumnya hanya berhasil ditangkap oleh pesawat luar angkasa Voyager 2 yang melintas pada tahun 1986 dan Observatorium Bumi William M. Keck. Gambar James Webb saat ini diambil dengan kamera utama teleskop, NIRCam. Ini adalah gambar inframerah yang mengumpulkan data dari dua filter pada 1,4 dan 3,0 µm, yang masing-masing ditampilkan dalam warna biru dan oranye. Voyager 2 menunjukkan bola biru-hijau pada panjang gelombang dalam spektrum tampak dengan sedikit fitur; Sebagai perbandingan, foto James Webb mengandung lebih banyak detail. Teleskop menangkap gambar pada 6 Februari.

READ  Trik cerdas pada iPhone memastikan smartphone jauh lebih cepat