BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jangan biarkan penambang luar negeri menanggung beban pergeseran energi di sini

Jangan biarkan penambang luar negeri menanggung beban pergeseran energi di sini

Seorang wanita Peru mencari emas di antara limbah pertambangan.Foto oleh Nacho Dossey/Reuters

Kebutuhan mendesak untuk membuat ekonomi kita lebih berkelanjutan tumbuh, karena iklim, tetapi juga karena kita tidak lagi ingin bergantung pada Rusia untuk minyak, batu bara, dan gas. Akibatnya, permintaan mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi panel surya, turbin angin, dan mobil listrik semakin meningkat. Tetapi mineral ini sangat langka dan sering ditambang dalam kondisi yang tidak manusiawi.

Tentang Penulis

Elles dari Ark Dia adalah direktur CNV International dan Maurice Van Beers Dia adalah Direktur Regional untuk Amerika Latin di CNV International.

Untuk meningkatkan keamanan pasokan mineral ini dan kondisi penambang, Belanda harus fokus pada kesepakatan transisi yang adil dengan negara-negara utama di mana ekstraksi berlangsung selama konferensi iklim di Mesir. Selain China, ini termasuk negara-negara seperti Indonesia, Peru, Afrika Selatan dan Chili. Dengan cara ini, Belanda dapat membangun hubungan yang langgeng dengan negara-negara ini dan mengurangi ketergantungannya pada China sebagai sumber daya terpenting saat ini.

Durban

Selama konferensi iklim sebelumnya di Durban, kemitraan telah disimpulkan dengan Afrika Selatan mengenai penghentian penggunaan batubara. Kemitraan semacam itu harus diperluas ke negara-negara lain yang ingin berinvestasi dalam pasokan mineral “hijau”, dengan menghormati manusia dan alam.

Di luar Cari berdasarkan Profundo Ditugaskan oleh CNV International, tampaknya permintaan mineral penting untuk transisi energi yang berkelanjutan, seperti seng, nikel, timah, lithium dan tembaga, akan meningkat empat hingga enam kali lipat di tahun-tahun mendatang. Hal ini membuat kita semakin bergantung pada China, yang kini menguasai sebagian besar perdagangan dan pengolahan mineral tersebut. Selain itu, ini secara signifikan meningkatkan tekanan pada para penambang di awal rantai mineral.

Dana pensiun

Penambang ini sering bekerja dalam kondisi yang buruk, sementara pemegang saham di perusahaan pertambangan internasional – termasuk bank Belanda dan dana pensiun seperti Pensioenfonds Zorg en Welzijn, Pensioenfonds van de Metaalelektro dan Aegon – memperoleh jutaan dari penambangan mineral ini. Untuk mengurangi biaya tenaga kerja sebanyak mungkin, model bisnis banyak penambang didasarkan pada outsourcing: 70 persen penambang dipaksa bekerja melalui agen kepegawaian yang terus berubah, yang berarti mereka memiliki hak yang lebih sedikit daripada penambang yang dipekerjakan langsung oleh perusahaan pertambangan.

Seperti di Peru di Vulcan, bagian dari Glencore, para penambang diberikan kontrak jangka pendek tiga sampai enam bulan hingga tahun, upah lembur dan hari libur tidak dibayar, dan mereka memperoleh rata-rata 30 persen lebih sedikit dan keanggotaan serikat dapat mengarah langsung ke Pengangguran. Singkatnya, penambang lokal membayar mahal untuk mineral yang mereka tambang untuk kincir angin dan mobil listrik.

Belanda harus memimpin selama konferensi iklim dan mengusulkan kemitraan dengan negara-negara di mana mineral ini ditambang. Belanda memiliki banyak pengalaman menyatukan berbagai pihak seperti perusahaan, pemerintah, organisasi sosial dan serikat pekerja. Melalui kemitraan dengan negara-negara pertambangan ini, kami mencegah transisi energi kami menjadi tidak adil.

kebebasan berserikat

Kemitraan semacam itu harus memberi perhatian khusus pada kondisi kerja di tambang: kebebasan berserikat dan pembatasan outsourcing adalah aspek penting. Berinvestasi lebih banyak dalam mendukung departemen pengawasan ketenagakerjaan lokal dan memastikan pembentukan mekanisme pengaduan yang dapat diakses dan independen untuk para penambang.

Kolaborasi pada basis data yang mengungkapkan informasi tentang rantai, serta risiko dari berbagai lokasi penambangan. Hal ini memungkinkan tidak hanya untuk menentukan asal mineral dan dengan demikian bekerja untuk mengamankan pasokan, tetapi juga memungkinkan perusahaan pertambangan untuk berdiskusi dengan pemasok ketika hak-hak buruh tidak dihormati.

kondisi kerja

Dengan menetapkan pakta untuk transisi yang adil dengan negara-negara ini, di samping Perundang-undangan tentang kondisi kerja saat ini sedang dipersiapkan Di Belanda dan Eropa, Belanda memastikan bahwa penambang di awal rantai tidak menjadi korban tujuan keberlanjutan kami. Bank dan dana pensiun dapat menggunakan leverage mereka dengan melihat secara kritis kondisi kerja dan menjadikan kebebasan berserikat sebagai persyaratan bagi semua karyawan.

Pada saat yang sama, kami juga membangun hubungan yang langgeng dengan negara-negara yang mengekstrak mineral ini, yang penting untuk mengamankan pasokan mineral langka dan penting ini. Dengan berfokus sekarang pada energi yang bertanggung jawab, untuk manusia dan alam, kita dapat bekerja menuju masa depan hijau yang adil menggunakan panel surya dan kincir angin yang tidak dibuat dalam kondisi abad pertengahan.

Apakah Anda ingin membalas? Kirimkan kontribusi opini (maksimum 700 kata) ke volkskrant.nl atau email (maksimal 200 kata) ke [email protected]

READ  Perang Hibrida Amerika Melawan China